SOLOPOS.COM - Memasak nasi pakai rice cooker (ilustrasi/detik)

Solopos.com, JAKARTA-Merawat peralatan rumah tangga secara teratur akan membuat kondisi barang-barang tersebut selalu prima dan dapat diandalkan untuk membantu aktivitas di dapur.

Salah satu peralatan yang kini banyak dimiliki oleh rumah tangga adalah rice cooker atau penanak nasi.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Nah untuk menghindari kerusakan pada rice cooker atau bau tidak sedap pada rice cooker, semua bagian rice cooker harus rutin dirawat, yakni dibersihkan setelah digunakan.

Berikut ini adalah tips merawat rice cooker ala Mito.

  • Bagian panci rice cooker.

Hilangkan kerak nasi di penanak nasi dengan merendam panci di air panas selama 15 menit atau air dingin selama 30 menit. Jika kerak nasi masih menempel, Anda bisa merendam panci semalaman.

Setelah direndam kemudian cuci panci dengan menggunakan spons dan sabun cuci piring, lalu bilas ke seluruh bagian barang elektronik ini.

  • Bagian rice cooker

Bagian dalam penanak nasi juga sama pentingnya untuk dibersihkan karena tersisa remah-remah atau cipratan makanan yang menimbulkan bau tak sedap. Tak perlu sampai direndam, rice cooker bisa dibersihkan dengan cara lap bagian dalam rice cooker dengan kain lembab/microfiber.

  • Menghilangkan bau tak sedap

Cara untuk menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada rice cooker adalah mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3, kemudian lalu aduk sampai rata.

Tuangkan campuran ke dalam panci penanak nasi, lalu nyalakan rice cooker dan biarkan sampai mendidih, matikan barang elektronik ini lalu biarkan dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya