SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengecek smartphone saat bangun tidur. (Freepik.com)

Solopos.com,SOLO – Gadget atau gawai, produk teknologi yang terdiri atas smartphone, tablet, dan lain-lain seakan-akan sudah tak bisa lepas dari genggaman pengguna. Tak jarang, pengguna ceroboh terhadap gadget mereka sehingga bisa berakibat fatal hingga mati total alias matot.

Umur rata-rata gadget diklaim sekitar dua hingga tiga tahun penggunaan, namun bisa bertahan lebih lama dengan perawatan yang tepat.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Ada banyak hal yang dilakukan untuk melindungi gadget dari kerusakan atau mati total (matot) sebelum waktunya. Berikut rekomendasi cara merawat gadget agar tetap dalam kondisi prima seperti dikutip dari laman perusahaan teknologi asal Inggris, Asda Mobile, Rabu (22/3/2023).

  1. Gunakan Case

Langkah pertama dalam cara merawat gadget adalah menambahkan pelindung berupa case. Selain melindungi, case juga mampu mempertahankan kondisi gadget tetap mulus seperti masih baru.

Penggunaan case juga dapat menumbuhkan perasaaan aman karena mampu meminimalisasi kerusakaan saat gadget terjatuh.

  1. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar menjadi solusi supaya gadget terhindar dari berbagai macam goresan, noda sidik jari, dan retakan pada layar.

Pemakaian pelindung layar turut memberikan lapisan keamanan lain di gadget pengguna. Pelindung layar rentan mengalami goresan dan retakan, namun ini tidak akan berpengaruh terhadap kondisi layar gadget yang terlindunginya.

  1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan gadget sangat penting karena mempengaruhi kesehatan gadget. Cara merawat gadget yang satu ini sering kali dilupakan para pengguna.

Padahal, gadget diklaim sepuluh kali lebih kotor daripada dudukan toilet sehingga pengguna perlu membersihkan gadget agar terhindar dari bakteri dan debu.

Salah satunya hal bagian gadget yang harus diperhatikan kebersihannya adalah lubang charger atau pengisi daya. Cara mengisi daya yang benar juga sangat penting dalam menjaga kesehatan baterai.

  1. Melakukan Pembaharuan Aplikasi dan Sistem

Pada perangkat iPhone dan Android, pengguna biasanya akan diminta untuk mengunduh dan memasang pembaruan aplikasi dan sistem. Pada iPhone, pembaruan sistem saat ini adalah iOS 16 dan perangkat Android, ini adalah Android 13.

Pembaruan sistem akan menambah kestabilan fitur, keamanan, perbaikan bug, dan lainnya. Ini bertujuan untuk menjaga gadget berfungsi pada performa tertingginya. Jika pengguna tidak melakukan pembaharuan, maka gadget akan berisiko terkena virus dan kinerja akan terasa lambat.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang digunakan pada gadget akan semakin lambat kinerja gadget tersebut. Dengan masih memiliki sejumlah aplikasi yang tidak digunakan, maka pengguna harus segera menghapusnya untuk mengosongkan ruang, menghentikan pembaharuan aplikasi, dan tidak membiarkannya berjalan di latar belakang.

Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan dukungan slot kartu SD yang tersedia pada gadget demi menambah penyimpanan gadget yang tersedia.

Dengan menghapus aplikasi tidak terpakai dan memanfaatkan slot kartu SD, maka pengguna semakin leluasa menyimpan lebih banyak file, foto, aplikasi, dan video tanpa mengganggu kinerja ponsel secara keseluruhan.

  1. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah dapat berdampak negatif pada komponen gadget. Hindari menggunakan gadget sampai overheat atau membiarkan gadget terpapar udara yang terlalu panas atau dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya