SOLOPOS.COM - Ilustrasi Set Top Box TV Digital (Kominfo.co.id)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mulai 30 April 2022 akan mematikan siaran TV Analog di 166 kabupaten/kota atau di 56 wilayah layanan siaran. Selanjutnya siaran televise beralih ke penyiaran TV Digital.

Adapun tahapan penghentian seperti dikutip dari Kominfo.go.id, dimulai 30 April 2022, kemudian tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga atau paling akhir 2 November 2022. Nah jika televisi anda sudah ada tuner standar DVB T2 di dalamnya (SmartTV sudah ada) tinggal lakukan scanning ulang.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Tapi kalau tidak ingin beli TV Digital, tetap menggunakan TV Analog yang ada di rumah, Anda tetap bisa menikmati layanan TV digital. Caranya tinggal memasang perangkat tambahan Set Top Box (STB) DVB T2. Cara menghubungkannya dengan pesawat televisi bisa melalui kabel HDMI atau kabel RCA (warna merah, kuning, putih). Setelah terhubung tinggal mengikuti petunjuk pengaturan dan scan program.

Baca juga: Realme 9 Pro, HP Flagship Harga Menengah Diluncurkan, Ini Cara Preordernya

Saat ini Set Top Box TV Digital sudah banyak tersedia di pasaran. Anda tinggal datang ke toko elektronik dan sampaikan ke penjualnya jika ingin beli STB DVB T2. Harganya cukup terjangkau pada kisaran Rp200.000 an atau di bawah Rp300.000. Berikut beberapa rekomendasi STB DVB T2.

Set Top Box
Set Top Box Matrix Apple HD (Kliniktekno.com)

Matrix Apple HD DVB T2

Memiliki berat 500 gram, didalam nya kita akan dapatkan satu unit set top box , kabel RCA sebagai penghubung ke konektor AV TV , remote bersama baterainya, buku penunjuk dan kartu garansi resmi 6 bulan. Memiliki fitur EWS (Peringatan Dini Bencana), Jika ingi menikmati aplikasi Youtube Anda perlu membeli dongle wifi.

Set Top Box
Set Top Box EZ-BOX (kliniktekno.com)

EZ-BOX DVB T2

Saat membeli STB ini Anda akan mendapatkan unit STB, remote, kabel RCA, kabel HDMI, dan juga dongle wi-fi yang sudah termasuk dipaket pembelian. Sudah mendukung Full HD ISDB-T Receiver + USB Media player, dukungan kwalitas video 576i sampai dengan 1080P HD.

Baca juga: Yuk Dampingi Lansia Agar Aman Berselancar Internet

Set Top Box
Set Top Box Evinix (kliniktekno.com)

Evinix DVB T2

Paket pembeliaan Anda akan mendapatkan satu unit Set Top Box, sebagai konektor komplit juga karena ada kabel RCA dan HDMI, Remote STB, Kabel HDMI dan bukut petunjuk manual. Fitur-fitur Evinix DVB T2, memutar file dari USB. Multi- language, dukungan teleteks,subtitle,seleksi bahasa audio.

Set Top Box
Set Top Box DNMR (kliniktekno.com)

STB DNMR DVB T2

Dalam satu pembelian Anda akan mendapatkan unit STB, Remote STB, 1 kabel AV, dan buku petunjuk manual. TV Box ini dapat menangkap sinyal siaran digital DVB T2 dan DVB-C, bisa merekam siaran TV. Teletext, multy language, parental lock, support media rekam pada flashdisk dan USB HDD.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya