SOLOPOS.COM - Ilustrasi penolakan Apple (www.tomvogel.com)

Solopos.com, SOLO – China melarang rakyatnya untuk membeli dan menggunan semua produk Apple. Larangan tersebut dibuat resmi oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China terkait kekhawatiran pemerintah yang menduga ada produk Apple dapat memata-matai pemerintah.

Semua produk Apple termasuk Iphone dan Ipad tidak diperkenankan juga digunakan oleh pegawai dari pemerintah. Namun yang menarik, produk Apple justru dikabarkan berhasil lolos dan masuk dalam daftar belanja perangkat yang disetujui pada bulan Juni 2014, berhubung pemerintah melarang, kebijakan tersebut juga dibatalkan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebenarnya ini bukan kali pertama China, melarang penduduknya menggunakan produk asal Amerika tersebut. Setelah dibocorkan oleh Edward Snowden mengenai kebiasaan mata-mata NSA di beberapa produk AS,  pemerintah China menunjukkan kekhawatiran atas upaya AS yang mungkin juga  telah memata-matai seluruh negara bagian mereka. Beberapa bulan yang lalu, Snowden menegaskan bahwa NSA telah memata-matai Huawei, salah satu produsen smartphone China terbesar.

Dikutip Phone Arena, Rabu (6/8/2014), pihak Apple telah berkomentar mengenai masalah ini, tapi Apple mengaku bahwa mereka tidak pernah memata-matai instansi pemerintah apapun mengambil informasi dari server pemerintah China.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya