SOLOPOS.COM - Ilustrasi peretas. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Berikut ini cara mengetahui ciri-ciri sebuah aplikasi mengandung malware.

Bareskrim Polri belum lama melaporkan 3 aplikasi berbahaya yang mengandung malware di Google Play. Aplikasi tersebut adalah iRecorder, Beauty Slimming Photo Editor, dan Black Box Master Diamond. Menurut ahli, aplikasi tersebut sebenarnya sudah dihapus per Juni 2023 karena sudah diindikasi Google sebagai aplikasi berbahaya.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang sempat mengunduh aplikasi tersebut, diharapkan agar segera untuk dihapus. Namun memang, mencegah lebih mudah daripada mengobati. Bagaimana caranya mengetahui jika sebuah aplikasi mengandung malware? Berikut ini penjelasannya.

 

1. Tidak diunduh dari sumber aplikasi resmi

Tempat download aplikasi yang resmi seperti Google PlayStore atau pun Apps Store biasanya sudah memiliki tim tersendiri untuk memantau dan menjaga keamanan aplikasi. Dengan demikian, jika aplikasi tidak berasal dari tempat download resmi, tidak ada yang dapat menjamin keamanannya, apalagi jika aplikasi merupakan aplikasi bajakan. Hal serupa juga berlaku jika link tersebut berasal dari nomor yang tidak dikenal, karena semakin tidak terjamin keamanannya.

 

2. Tidak diproduksi oleh perusahaan atau instansi terkait

Ketika mencari nama aplikasi di tempat download aplikasi, seringkali hasil yang ditampilkan bukan hanya aplikasi yang diinginkan, tetapi juga sejumlah aplikasi yang terhubung dengan aplikasi tersebut ataupun memiliki nama seperti aplikasi tersebut.

Masalahnya, seringkali aplikasi-aplikasi lainnya ini diproduksi oleh perusahaan yang tidak jelas asal usulnya. Aplikasi tersebut lah yang sebaiknya dihindari untuk diunduh, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi jika setelah diunduh, aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses data-data yang sebenarnya tidak relevan. Misalnya, sebuah aplikasi game meminta izin untuk mengakses riwayat transaksi ataupun riwayat panggilan telepon.

 

3. Muncul peringatan saat akan diunduh

Beberapa ponsel memiliki sistem keamanan yang cukup canggih. Alhasil, saat mengunduh aplikasi yang berpotensi berbahaya, ponsel akan otomatis memberi peringatan. Oleh karena itu, peringatan ini jangan diabaikan, terutama jika aplikasi tidak berasal dari sumber resmi.

 

4. Tidak adanya testimoni dari pengguna

Sama halnya dengan belanja secara daring, testimoni dari pengguna adalah indikator penting untuk menilai kualitas dari sebuah aplikasi. Oleh karena itu, jika testimoni aplikasi tidak ada ataupun jelek, hal ini perlu dicurigai. Beberapa aplikasi berbahaya sengaja menghindari ataupun menghapus testimoni pengguna karena mereka tidak ingin pengguna lain mengetahui akan keberadaan malware.

 

5. Muncul iklan yang tidak pantas dan berlebihan

Jika sebuah aplikasi mengandung malware biasanya akan muncul pop-up iklan yang muncul tanpa izin. Biasanya, iklan itu berisikan konten pornografi, kekerasan, ataupun informasi yang palsu.

Adapun iklan seperti itu cenderung menyembunyikan malware yang nantinya dapat merusak perangkat pengguna. Selain itu, iklan juga dapat menguras kuota internet pengguna.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Cara Mengetahui dan Menghindari Aplikasi Berbahaya di Google Play Store”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya