SOLOPOS.COM - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut supermoon sebagai fenomena ketika bulan purnama berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Solopos.com, SOLO-Bulan purnama supermoon atau super blue moon bisa disaksikan dari Tanah Air.

Fenomena astronomi ini akan menghiasi langit Indonesia. Penampakan cantik dari bulan super besar ini bisa dilihat di langit Indonesia pada 31 Agustus 2023, tanpa harus menggunakan alat tambahan. Melansir Instagram Organisasi Penerbangan dan Antarika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penampakan bulan purnama ini bisa langsung dilihat menggunakan mata pada Kamis (31/8/2023) mulai pukul 20.35 WIB atau 21.35 WITA atau 22.35 WIT.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Diketahui, Super Blue Moon merupakan fenomena kemunculan bulan purnama tambahan dalam satu periode kalender.

Di mana Supermoon ini terjadi karena orbit bulan yang tidak sempurna dalam mengelilingi bumi. Saat itu, bulan terlihat sedikit lebih dekat dengan bumi dari pada biasanya. Dilansir dari Livescience, ada dua jenis bulan biru. Supermoon biru bulan Agustus termasuk dalam kategori pertama: dua bulan purnama yang terjadi di bulan yang sama.

Sedangkan bulan biru kedua yakni “bulan biru musiman”, menggambarkan bulan purnama ketiga dari empat bulan purnama selama satu musim astronomi. Adapun N=nama Supermoon “biru” tidak ada hubungannya dengan warna bulan. Faktanya, warnanya sebenarnya oranye.  Bulan berwarna biru hanya pernah terjadi saat letusan Gunung Krakatau membuat partikel abu menyebar hingga menyebabkan pantulan warna bulan terpecah sehingga tercipta warna biru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya