SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka layanan YouTube. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Video pendek Shorts di Youtube ternyata bisa dihapus atau dihilangkan. Hal ini untuk menjawab keresahan para orang tua yang menganggap Shorts berdampak negatif kepada anak-anak.

Mengutip laman resmi Universitas Medan Area, ternyata keresahan orang tua tersebut memang benar. Video pendek Shorts di Youtube bisa memberikan dampak negatif ke anak jika tanpa pengawasan atau pemahaman yang tepat. Di Shorts, kerap ditemukan konten dengan bahasa dan visual yang tidak pantas disaksikan oleh anak-anak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Apalagi video Shorts dibuat pendek dan singkat dengan animasi yang berulang. Ternyata efeknya akan membuat anak kecanduan dan mengalami gangguan tidur. Selain itu, paparan bahasa dan visual yang tidak pantas akan memengaruhi pikiran anak-anak.

Nah, untuk mengatasi keresahan orang tua tersebut ternyata video Shorts di Youtube bisa dihilangkan atau dihapus. Mengutip Harianjogja.com, terdapat dua cara cepat dan mudah untuk menonaktifkan video Shorts di beranda Youtube. Berikut ini di antaranya.

Hapus Video Shorts Youtube Lewat Browser

Cara pertama untuk menonaktifkan video Shorts di beranda Youtube pada perangkat seluler Anda yakni dengan menyembunyikan fitur ini melalui YouTube di browser apa pun. Cara ini membuat video Shorts di beranda Youtube hilang atau disembunyikan selama 30 hari.

  1. Buka laman YouTube di browser Anda dan masuk ke akun Youtube yang sama seperti di aplikasi.
  2. Gulir halaman hingga menemukan video Shorts lalu, klik tombol silang (x) di bagian pojok kanan tab Shorts di beranda.
  3. Secara otomatis tab Shorts akan disembunyikan dari halaman beranda selama 30 hari.

Hapus Video Shorts Yotuube Lewat Aplikasi

Menurunkan versi aplikasi Youtube atau mencopot pembaruan aplikasi dari setelan ponsel dapat secara permanen menonaktifkan tab Shorts dan kembali pada versi tab “Jelajahi” di Aplikasi YouTube.

Dengan catatan cara ini dapat berfungsi apabila versi 14.12.56 atau versi YouTube yang lebih lama sebelumnya sudah diinstal di ponsel Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka “Pengaturan” pada ponsel lalu klik menu Aplikasi atau “Apps”.
  2. Gulir ke bawah atau gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasi Youtube, lalu klik.
  3. Selanjutnya, ketuk titik tiga di pojok kanan atas dan ketuk “Uninstall Updates”.
  4. Setelah selesai aplikasi Youtube akan mengembalikan tab “Jelajahi” di samping tab “Beranda” dan menghapus tab Shorts.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya