SOLOPOS.COM - Ilustrasi AC rumah (Aquajapanid)

Solopos.com, SOLO-Keluhan tentang AC baru tapi tidak dingin mungkin bisa saja muncul dari pengguna peranti pendirngin udara tersebut. Pasalnya, AC yang mereka miliki itu terbilang baru dibeli dan baru saja dipasang.

Saat AC baru tapi tidak dingin, kamu tak perlu buru-buru mengembalikannya ke toko atau beli AC baru. Bisa jadi AC tidak rusak, namun pemasangannya saja yang kurang tepat. Simak info tentang kemungkinan penyebab AC baru tapi tidak dingin yang disajikan Aquaelektronik.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

 

  • Penempatan AC yang tidak tepat

AC baru tapi tidak dingin bisa disebabkan oleh penempatan AC yang kurang tepat. Jarak depan outdoor AC sebaiknya diberi jarak kosong minimal sejauh 80 cm supaya udara panas bisa dibuang keluar dengan lancar. Pembuangan yang lancar ini penting agar udara di dalam ruangan bisa mencapai suhu dingin yang diinginkan.

 

  • Kesalahan setting pada remote AC

Kadang, penyebab AC baru tapi tidak dingin hanya karena pengaturan pada remote-nya kurang tepat. Seharusnya, AC di-setting pada mode Cool dengan suhu 16 derajat. Namun, kadang yang kepencet adalah mode Dry sehingga AC tidak menjalankan prosed pendinginan secara maksimal.

 

  • Kebocoran freon pada unit outdoor

AC baru tapi tidak dingin juga bisa disebabkan oleh kebocoran freon pada unit outdoor. Hal ini terjadi bila pemasangan pada bagian sambungan antara pipa dengan bagian outdoor (nepple) kurang baik. Selain itu, freon bocor juga bisa terjadi pada saat pemasangan atau karena kerusakan pada pipa, atau kerusakan pada evaporator dan kondensor pada pipa.

 

  • Kesalahan saat instalasi pipa

Pipa AC harus memenuhi standar pabrik. Ketebalan pipa sangat berpengaruh terhadap kualitas instalasi. Pipa AC yang tidak sesuai standar bisa menyebabkan keretakan saat pengencangan sambungan atau terjadi patahan saat ditekuk.

Instalasi pipa AC sendiri meliputi flaring, pengelasan, swaging, dan lain-lain. Flaring adalah melebarkan ujung pipa agar bisa diterapkan pada sambungan. Kadang, proses flaring kurang sempurna sehingga menyebabkan kebocoran freon. Hal ini sering terjadi pada bagian sambungan pipa dengan unit outdoor (nepple).

 

  • Tidak divakum

Proses pemvakuman penting dilakukan saat instalasi AC pertama kali. Tujuan utamanya adalah mengeluarkan udara dari dalam sistem agar yang ada di dalam sistem murni freon AC murni yang tidak tercampur udara.

Namun, kadang ada teknisi yang melakukan proses ini menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan alat vakum. Akibatnya, AC tidak dingin saat dinyalakan.

 

  • Terlalu banyak barang di dalam ruangan

Ruangan yang terlalu penuh juga dapat memengaruhi kesejukan yang dihasilkan AC. Agar AC perlu bekerja maksimal, ventilasi ruangan harus benar-benar tertutup rapat.

 

  • Ukuran AC yang tidak sesuai

Beda ukuran ruangan, maka beda juga kebutuhan AC-nya. Jika PK AC terlalu kecil alias tidak sebanding dengan luas ruangan, maka udara yang diembuskan AC pun jadi tidak dingin.

 

Berikut panduan umumnya:

½ PK untuk ruangan ukuran 3 m x 3 m,

¾ PK untuk ruangan ukuran 3 m x 4 m,

1 PK untuk ruangan ukuran 4 m x 4 m,

1,5 PK untuk ruangan ukuran 4 m x 6 m,



2 PK untuk ruangan ukuran 6 m x 8 m.

 

Demikian info seputar AC baru tapi tidak dingin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya