SOLOPOS.COM - Ilustrasi Facebook (Dok/JIBI)

Solopos.com, CALIFORNIA–Salah satu jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook merayakan satu dekade kejayaannya di dunia maya, Selasa (4/2/2014). Sang pendiri, Mark Zuckerberg mengeluarkan pernyataanya dengan mengatakan keinginannya agar Facebook dapat membantu orang memecahkan masalah yang lebih besar dan lebih penting dari sebelumnya.

Sejak hari Selasa, tepat di hari ulang tahun Facebook, situs ini memasang video berjudul “Menengok 10 Tahun Silam, Ucapan Terima Kasih untuk Anda”. Video itu jadi peranyaan sederhana yang dilakukan Facebook.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Selain video, Facebook juga fitur Look Back untuk mengajak penggunanya bernostalgia. Fitur baru ini nantinya menyediakan flash-back momen-momen penting yang pernah diunggah pengguna ke Facebook selama jangka waktu empat tahun terakhir.

Nantinya ketika mengakses secara otomatis pengguna akan disajikan berupa video menarik yang berisikan momen-momen penting tersebut.
Fitur lain yang dapat Anda nikmati di Facebook tentu saja Paper. Fitur Facebook Paper dapat diunduh di Apple App Store. Fitur ini membuat pengguna bisa memilih news feed atau konten tertentu yang bisa tampil di layar perangkat iOS mereka. Layanan ini juga akan segera menyambangi smartphone Android melalui Google Play Store dalam waktu dekat.

Facebook Hari Ini

Satu dekade terakhir Facebook terus tumbuh jadi situs jejaring sosial populer. Bahkan hingga kini, Facebook masih jadi favorit sejumlah penggunanya. Di Blackberry Store, Facebook jadi aplikasi paling banyak diunduh.

Pekan lalu Facebook membukukan pendapatan 2,5 miliar dolar AS atau setara Rp30,4 triliun dari 750 juta pengguna aktif harian. Meski dirumorkan akan segera “habis” nyatanya, pencapaian itu seakan mempertegas kedigdayaan Facebook.

“Inovasi dan jejaring sosial lain mungkin akan mengancam posisi Facebook yang dominan di pasar. Tapi, Facebook dalam posisi bagus untuk memperluas dan tumbuh lebih jauh lagi,” ujar guru besar sekolah bisni Warwick, Markos Zachariadis, seperti dikutip Tech Crunch, Rabu (5/2/2014).

Hari ini 1,19 miliar orang tercatat menjadi pengguna bulanan dengan 728 juta pengguna aktif per-hari. Rata-rata jumlah teman pengguna Facebook remaja  adalah 300 teman.Yang menarik, tercatat setiap orang menghabiskan waktunya 8,3 jam dalam satu bulan. Dengan jumlah total koneksi pertemanan Facebook sebanyal 150 miliar dan penanda “Like” sebanyak 4,5 miliar per hari.Dengan angka sebombastis itu, rasanya mustahil jika Facebook akan “mati” dalam beberapa tahun kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya