SOLOPOS.COM - Planet Mars (Nasa.gov)

Fenomena alam planet Mars akan mendekati Bumi.

Solopos.com, SOLO — Planet Mars akan mencapai titik terdekat dengan Bumi akhir bulan ini. Fenomena alam itu memberi para pengamat langit pertunjukan angkasa dari senja hingga fajar mulai pekan.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/5/2016), menurut Badan Antariksa dan Aeronatika Nasional Amerika Serikat (NASA), Kamis (19/5/2016), planet Merah sudah mulai terlihat besar di langit malam, muncul seperti bintang berwarna kuning api terang karena Bumi dan Mars berdekatan. “Lihat ke tenggara pada akhir senja, dan kau tak boleh melewatkannya,” kata editor majalah Sky & Telescope, Alan MacRobert.

Posisi sejajar ini terjadi setiap sekitar 26 bulan. Pada Kamis lalu, NASA menyiarkan foto Mars yang diambil oleh Teleskop Antariksa Hubble saat planet itu mendekati Bumi pekan lalu.Gambar tersebut menunjukkan tudung kutub dan awan di atas lansekap Mars yang sewarna karat.

Pada 30 Mei, Mars dan Bumi akan lebih dekat dari yang pernah terjadi dalam satu dekade menurut NASA. Mars akan berjarak 46,8 juta mil atau sekitar 75,3 juta kilometer dari Bumi.

Jarak antara Bumi dan Mars mencapai sekitar 250 juta mil atau 402,3 juta kilometer tergantung pada perubahan posisi dari kedua planet saat mereka mengelilingi matahari.

Bila langit cerah, Mars akan bisa dilihat pada sebagian besar malam dan bisa dengan mudah dilihat tanpa teleskop atau teropong. Mars pernah berada dekat dengan Bumi sebelumnya. Pada Agustus 2003, Bumi dan Mars hanya terpisah 35 juta mil atau 56 juta kilometer. Dua planet itu akan berada sedekat itu lagi sekitar 300 tahun kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya