SOLOPOS.COM - Ilustrasi fitur pencarian baru dari Google. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Google meluncurkan fitur baru untuk mempermudah pencarian tentang informasi gambar cukup dengan melingkarinya.

Google, pada Kamis (18/1/2024) mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan fitur baru ini untuk ponsel pintar Android premium.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Fungsi baru, bernama “Circle to Search” ini akan tersedia bagi pengguna model seri Google Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan Samsung Galaxy S24 dalam semua bahasa mulai 31 Januari, menurut raksasa teknologi AS tersebut.

Google mengatakan Circle to Search dapat meningkatkan pengalaman mendalam penggunanya dengan menyediakan cara baru untuk mencari sesuatu di ponsel mereka tanpa berpindah aplikasi, dan memungkinkan metode pencarian yang lebih “intuitif” dan “alami”.

Fungsi tersebut akan diaktifkan hanya dengan menahan tombol beranda atau bilah navigasi di ponsel Android, dan pengguna dapat melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk gambar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang item dalam gambar.

Namun, terkait perlindungan hak cipta, fungsi tersebut tidak akan tersedia untuk gambar pribadi atau gambar yang tidak dapat diambil melalui tangkapan layar, jelas perusahaan.

Google juga berencana meluncurkan ikhtisar berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam multipencarian untuk Android dan iOS pekan ini dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat.

Google tidak merinci rencananya untuk memperluas kemampuan tersebut ke wilayah lain atau bahasa lain.

“Google akan terus membayangkan masa depan di mana pengguna dapat melakukan pencarian kapan saja, di mana saja mereka inginkan” kata Wakil Presiden Pencarian Google Elizabeth Reid.

“Kami selanjutnya akan menerapkan AI generatif untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna dengan cara yang konstruktif,” tambah dia. Demikian disiarkan Yonhap, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya