SOLOPOS.COM - Logo Facebook (Facebook)

Fitur baru Facebook khusus pengguna tuna netra segera dirilis.

Solopos.com, SOLO — Jejaring sosial Facebook dikabarkan sedang membuat alat khusus yang bisa digunakan oleh pengguna tuna netra. Fitur baru Facebook itu bisa jadi akan diluncurkan tahun ini atau tahun depan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sebagaimana dikutip dari Techcrunch, Kamis (15/10/2015), fitur baru Facebook khusus tuna netra nantinya bisa digunakan untuk melihat gambar dan mendapat pemberitahuan tentang status yang ditulis teman di komputer atau smartphone.

Fitur baru Facebook khusus pengguna tuna netra itu dibuat oleh peneliti tuna netra bernama Matt King. Matt King merupakan peneliti tuna netra pertama di facebook.

Alasan King membuat fitur baru Facebook khusus pengguna tuna netra itu berdasarkan pengalaman saat mengetahui ada teman yang lemah dalam penglihatan ingin mengomentari gambar atau video yang ada di Facebook.

Dengan fitur baru Facebook tersebut Matt King ingin pengguna tuna netra juga bisa melihat gambar, video dan status yang ada di jejaring sosial terpopuler tersebut. Alat itu juga bisa digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang isi dari layar Facebook.

Fitur baru Facebook berupa alat khusus pengguna tuna netra sudah dikembangkan sejak tiga bulan lalu. Untuk jadwal perilisan, kita masih harus menunggu Matt King menyelesaikan alat tersebut hingga sempurna.

Sebelumnya Facebook juga telah meluncurkan fitur Doodle. Fitur baru Facebook itu digunakan untuk mengedit foto dengan tulisan-tulisan sesuai selesara pengguna.

Sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis, fitur baru Facebook itu baru saja diluncurkan, jadi apabila Anda ingin menggunakannya harap bersabar karena Doodle belum bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cara menggunakan fitur baru Doodle Facebook sangat mudah. Pengguna bisa langsung membuka aplikasi Facebook di platform Android dan IOS. Pilih foto yang ingin diedit dan di-upload, lalu klik Edit. Pilih fitur Doodle dan beberapa alat pembantu untuk mengedit foto sebelum diunggah.

Pengguna bisa mulai mengedit dengan menarik jarinya ke atas dan ke bawah untuk memilih warna tinta dan mengubah ukuran pensil yang digunakan untuk mengedit. Setelah itu pengguna bisa mencoret atau menambahi tulisan sesuai selera agar terlihat lebih menarik.

Pertengahan tahun 2015 ini, Facebook sudah menambahkan beberapa fitur editing tools di aplikasi yang ada di smartphone. Pengguna bisa menambah gambar-gambar baru yang lebih segar agar gambar atau foto yang diedit menjadi lebih indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya