SOLOPOS.COM - Foto Instagram Ibu Ani Yudhoyono yang jadi perdebatan follower. (Instagram)

Solopos.com, SOLO – Dua hari terakhir ini Instagram diramaikan oleh topik Foto Ibu Negara Ani Yudhoyono. Follower Ani Yudhoyono menuding foo yang diunggah Ibu Negara itu merupakan hasil editan  photoshop.

Dalam foto yang diunggah Ibu Ani Yudhoyono,  Aira—cucu pertama Ibu Negara–tengah berdiri dengan latar belakang tugu Monas dan ondel-ondel. Foto tersebut diunggah pada Sabtu (24/8/2013). Oleh beberapa followers akun Instagramnya, foto tersebut dinilai palsu dan merupakan hasil editan photoshop.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di foto yang diunggah itu, terlihat gambar Aira seperti ditempel suasana saat pelaksanaan Kirab Budaya dalam rangka HUT Ke-68 RI.

Sepanjang Sabtu-Minggu (24/8/2013), berbagai pertanyaan telontar di akun Ibu Ani. Ibu Negara pun menanggapi komentar yang ditujukan kepadanya.

“Foto ini hanya dicrop. Kalau Aira tampak besar, memang dia berdiri di teras Istana Merdeka, sementara itu saya motret juga di dekat Aira, di teras yang sama. Ini kan ketika kita menonton pawai budaya dalam rangka HUT Kemerdekaan RI,” tulis akun @aniyudhoyono.

Namun penjelasan tersebut tak memuaskan para followers-nya, hingga terjadi saling debat dan saut antara Ibu Ani dengan follower-nya. Perdebatan kemudian diakhiri pernyataan @aniyudhoyono

“1. Untuk apa saya mengedit foto Aira agar menempel di situ? 2. Saya bukan fotografer profesional, teknik saya memotret biasa2 saja. Saya tidak pernah merasa sekelas Natgeo. 3. Saya memotret hanya karena hobby. 4. Saya aktif di IG sekedar untuk sharing foto karena mungkin banyak moment baik yang belum tentu dipunyai orang lain. 5. Sama sekali tidak bermaksud untuk dipuji2. 6. bagi yang ingin menikmati karya saya, silakan, alhamdulillah. 7. Saya akhiri perdebatan tentang foto ini. Editan apa bukan. Terserah pendapat masing2. Salam penuh kejujuran dan ketulusan,” tulis akun @aniyudhoyono. Tak ada lagi komentar @ aniyudhoyono setelah komentar itu.

Hingga Senin (26/8/2013) sebanyak 4.005 followers meng-like foto Aira dan ratusan komentar. Atas apa yang terjadi @aniyudhoyono memblok akun yang mendebat fotonya. Hal itu akhirnya mengundang reaksi di dunia Twitter.

@sephet menulis, “Ibu Ani Yudhoyono nge-block beberapa followersnya di instagram, perihal foto cucunya yg dipost dinilai hasil editing photoshop.”

@LoveNiey menulis, “Yee..dkritik trs ngeblock..ga bgt.”

Di jagad Twitter, kasus Foto Bu Ani juga menjadi pembicaraan hangat. Fotografer senior Kompas, Arbain Rambey lewat akun Twitternya @arbainrambey ikut mengomentari foto Ibu Ani.

@arbainrambey, “Jawaban borongan ya: u kasus foto Bu Ani, menurut saya bukan tempelan. Kenapa musti nempel? Tak ada alasan untuk hrs mempel. BG biasa kok”.

@arbainrambey, “Foto itu tampak spt tempelan sebab backlight lalu ditembak flash direct.”

“@arbainrambey, “Foreground dan background jadi tidak nyambung bila masing2 beda sumber cahaya, dan tidak harmonis blendingnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya