SOLOPOS.COM - Kantor Google (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Google diperkirakan fokus pada pengembangan headset Augmented Reality (AR) dan dilaporkan telah menghentikan pengembangan proyek kacamata pintar Iris. Headset Augmented Reality (AR) Google rencananya meluncur pada 2024.

Mengutip dari The Verge, Rabu (28/6/2023) perusahaan multinasional ini dikabarkan akan berfokus pada perangkat lunak dan membangun platform mikro XR yang penggunaannya dapat dilinsensikan ke produsen headset lainnya.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Rencana ini mirip dengan cara Google untuk menyediakan Android ke ekosistem ponsel yang lebih luas.

Adapun, pemberhentian pengembangan Project Iris ini juga menandakan bahwa Google tidak akan melanjutkan pengerjaan kacamata dengan versi fitur navigasi dan transkripsi yang rencananya akan diuji pada Juli 2023 itu.

Sementara itu, sejumlah pihak menduga bahwa perubahan strategi pengembangan menjadi alasan mengapa proyek ini harus diberhentikan.

Spekulasi tersebut diperkuat dengan hengkangnya Kepala Google VR/AR Clay Bavor secara tiba-tiba dari perusahaan multinasional itu pada awal 2023.

Tak hanya ditinggalkan oleh Bayor, proyek ini juga harus menerima kepergian dari Kurt Akeley, seorang insinyur terkemuka Amerika Serikat (AS).  Hanya tersisa dua sosok yang hingga saat ini masih terlibat dengan AR, salah satunya adalah Mark Lucovsky, direktur senior sistem operasi perusahaan untuk AR.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Google Hentikan Pengembangan Proyek Iris, Akhir Kacamata Pintar?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya