SOLOPOS.COM - Logo Grab (grab.com)

Solopos.com, JAKARTA-Platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura, Grab, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.000 karyawan, termasuk di Indonesia.

“Berlaku di seluruh negara di mana Grab beroperasi termasuk Indonesia,” kata Juru Bicara Grab Indonesia kepada Bisnis, Rabu (21/6/2023).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Sementara itu, berdasarkan kutipan email yang dikirim CEO Grab, Antony Tan, kepada seluruh pegawai disebutkan bahwa PHK bukanlah jalan pintas yang diambil untukmenuju profitabilitas.

Selama 2 tahun terakhir ini Grab konsisten mengelola biaya di semua area operasional dan dalam meningkatkan efisiensi platform, yang membuat pendapatan meningkat setiap kuartal sejak kuartal pertama 2022.

“Dengan atau tanpa perampingan ini, kami sudah berada di jalur tepat untuk mencapai titik impas [breakeven] Group Adjusted EBITDA tahun ini,” kata Antony Tan.

Namun, lanjutnya, batu loncatan profitabilitas merupakan satu langkah dalam perjalanan yang lebih panjang. Grab fokus pada perjalanan ke depan.

Grab harus bisa beradaptasi. Perubahan, kata Tan, terjadi secepat sekarang. Teknologi seperti Generative AI terus berevolusi dengan luar biasa cepat. Biaya modal mengalami peningkatan, yang berdampak langsung pada lanskap persaingan.

Berkat kontribusi semua, saat ini Grab telah tumbuh besar dan berada di posisi terbaik untuk meraih peluang-peluang pertumbuhan baru yang substansial.

Untuk dapat mengoptimalkan peluang-peluang ini secara efektif, Grab harus memadukan skala yang kita miliki dengan eksekusi yang gesit dan penyediaan layanan dengan biaya yang seefisien mungkin, sehingga kita dapat secara berkelanjutan menyediakan layanan yang semakin terjangkau, memperluas penetrasi pasar dan melayani mitra pengemudi dan merchant dengan lebih baik,” ujarnya.

“Karena inilah selama setahun terakhir ini kita mempertajam fokus. Kami yakin bahwa perubahan mendasar di model operasional dan struktur pembiayaan dibutuhkan untuk dapat tetap kompetitif dalam jangka waktu yang lebih panjang,” tulis email yang diberikan kepada Grabbers.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Karyawan Grab Indonesia Tidak Luput dari Gelombang PHK”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya