SOLOPOS.COM - Aplikasi haji Pintar (Liputan6.com)

Haji 2015 akan semakin mudah dengan peluncuran aplikasi haji pintar oleh Kementerian Agama.

Solopos.com, SOLO —  Berbagai cara dilakukan untuk membantu para calon jemaah haji 2015 yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi. Salah satunya seperti yang dilakukan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama dengan meluncurkan aplikasi Haji Pintar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat (21/8/2015), aplikasi Haji Pintar bisa diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iOS. Aplikasi itu berisi layanan informasi haji 2015 secara online.

Aplikasi Haji Pintar memiliki berbagai macam fitur, di antaranya petunjuk jalan dan lokasi, akomodasi, jadwal penerbangan, katering, bus shalawat, doa-doa manasik, hingga informasi kesehatan. Masing-masing fitur tersebut bisa diklik dan berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat bagi para calon jemaah haji 2015.

Menurut Kabag Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, aplikasi tersebut sangat membantu para calon jamaah haji 2015 yang tersesat atau ingin mencari lokasi pemondokannya di Tanah Suci. Sebab, dengan mengklik menu informasi akomodasi akan tertera peta dan informasi mengenai letak lokasi pemondokan.

“Para calon jamaah haji 2015 akan dipandu dengan GPS untuk menemukan lokasi pemondokannya. Semua pemondokan para calon jamaah haji sudah terkoneksi dengan GPS. Ini akan memudahkan untuk mencarinya,” katanya di Asrama Haji Donohudan Solo.

Selain fitur menu akomodasi dan petunjuk jalan, aplikasi Haji Pintar juga memuat informasi terkait jadwal keberangkatan hingga jadwal kepulangan masing-masing kloter dari seluruh embarkasi yang ada di Indonesia. “Selain berisi jadwal penerbangan, juga memuat bandara-bandara yang digunakan di Arab Saudi,” jelas Gentur.

Para calon jamaah haji 2015 yang mengakses aplikasi tersebut juga dengan mudah bisa mengetahui menu makanan yang akan disajikan oleh pihak katering.

Pasalnya, di fitur katering dalam aplikasi Haji Pintar memuat semua menu makanan, mulai sarapan pagi, siang hingga makan malam.

“Menu makanan selama satu minggu bisa dilihat dengan klik menu katering. Informasi menu makannya sangat detail dan lengkap,” tuturnya.

Aplikasi yang bisa diunduh secara cuma-cuma itu baru diluncurkan pada musim haji 2015. Diharapkan aplikasi Haji Pintar dapat membantu para calon jemaah haji yang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Dikutip dari Detik, Jumat, teknologi informasi terus berkembang hingga menyentuh semua sendi kehidupan manusia. Tak terkecuali dalam pelayanan ibadah haji dan umroh yang sudah memanfaatkan teknologi informasi.

Setelah merilis aplikasi manasik haji 2015, Kementerian Agama kali ini membuat Haji Pintar. Aplikasi itu sudah bisa diunduh 31 Juli lalu. Sayangnya masih terdapat kelemahan dalam aplikasi ini. Proses download dari playstore berlangsung lancar, namun aplikasi tersebut tidak bisa dibuka dengan smartphone yang menggunakan Operation System (OS) Android Lollipop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya