SOLOPOS.COM - Nokia 3310 (curved)

Handphone legendaris Nokia 3310 dinobatkan sebagai ponsel terbaik di dunia sepanjang masa.

Solopos.com, NEW YORK – Ponsel legendaris Nokia 3310 dinobatkan sebagai yang terbaik sepenjang masa oleh salah satu situs teknologi dunia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Situs media teknologi Tech Radar memberikan gelar tersebut dengan judul Nokia’s 3310: the greatest phone of all time. Melalui penulisnya, Ben Stinson, Tech Radar memaparkan nostalgia menarik soal Nokia 3310.

Tech Radar menyebutkan Nokia 3310 merupakan ponsel dari era awal 2000-an yang hingga kini masih lebih dicintai dibanding smartphone baru yang hadir di pasaran belakangan.

Tahun 1990 dan awal 2000-an, ponsel Nokia dicintai jutaan orang. Tahun 1999, ketika Nokia 3210 lahir, itulah saat Nokia mampu menciptakan kombinasi harga, ukuran dan fitur yang cocok untuk konsumen luas. Bisa SMS, ada game Snake dan adalah ponsel harga terjangkau pertama di pasar dengan antena internal.

Sukses Nokia 3210 memicu Nokia menciptakan perangkat yang dicintai di seluruh dunia, 3310. Ponsel kompak ini memiliki semua fitur di 3210, tapi lebih kecil dan lebih ringan, beratnya 133 gram. Bisa juga dikustomisasi casingnya, dan beberapa peningkatan lain.

Awalnya Nokia merilis seri 3310 yang menjadi sosok primadona di masanya. Di awal 2000-an, ponsel ini dikenal dengan tampilan antarmuka yang menarik sekaligus mudah digunakan. Keyboard-nya pun menjadi salah satu yang paling nyaman saat digunakan untuk sms kala itu. Selain itu, game snake yang dibawanya juga menjadi pencetus hadirnya game-game menarik yang membanjiri smartphone di pasaran saat ini.

Keunggulan tersebut juga dibuktikan dengan kesuksesannya di pasaran. Tercatat sejak dirilis pada 1 September 2000, Nokia 3310 telah berhasil terjual sebanyak 126 juta unit. Harga Nokia 3310 saat diluncurkan sekitar 129 poundsterling di Eropa.

Tak heran jika hampir setiap orang memiliki ponsel ini di awal 2000-an yang sekaligus membuatnya begitu melegenda hingga saat ini. Barangkali berkat ponsel ini, tren pengiriman pesan singkat SMS meningkat.

Dengan ukuran 113 × 48 × 22 mm dan berat 133 gram, Nokia 3310 memang bukan ponsel teringan, namun solid. Dan meski layarnya tak secanggih layar HD ponsel zaman sekarang, layar monokrom 84 x 84 pixel-nya mudah dilihat di bawah sinar matahari dan detailnya cukup baik untuk bermain game simpel.

Di bagian atasnya ada tombol power. Sedangkan menu navigasi dilakukan melalui tombol up/down, dan memilih menu dengan tombol berwarna biru.

Tombol berhuruf c berfungsi untuk melakukan back, undo atau delete. Keypadnya sendiri selalu responsif dan mudah dibersihkan. Mudah pula dilepas.

Nokia 3310 mendukung jaringan 900/1800 MHz. Baterainya NiMH 900 mAh yang punya waktu stand by 260 jam. Sangat awet kala itu.

Di samping spesifikasi itu, phonebook bisa menyimpan 250 nomor, ada input teks T9, 35 ringtone preloaded, 7 ringtone buatan sendiri, jam, stopwatch, timer, kalkulator dan currency converter. Semuanya adalah fitur smart, tentunya pada zaman itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya