SOLOPOS.COM - Lazada (www.techinasia.com)

Hari Belanja Online Nasional 2015 segera dimulai. Sebagai salah satu peserta, Lazada juga melakukan persiapan.

Solopos.com, JAKARTA — Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015 yang akan digelar 10-12 Desember 2015, dimeriahkan 139 situs belanja online di Indonesia. Acara itu diperkirakan akan membuat lonjakan jumlah kunjungan yang besar di masing-masing situs belanja tersebut.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Untuk mengantisipasi hal itu, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Lazada, mengklaim telah melakukan berbagai persiapan yang matang. Didukung pula oleh dua data center yang dimiliki Lazada yang terletak di Jakarta dan Makassar.

“Dengan perkiraan lonjakan jumlah kunjungan sekitar 5-10 kali lipat dibanding jumlah kunjungan rata-rata harian, tim teknologi di Lazada Indonesia melakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik website dan aplikasi mobile dapat diakses dengan lancar oleh konsumen,” tulis pihak Lazada Indonesia, seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (8/12/2015).

Selain itu, Lazada juga telah mempersiapkan lebih dari 1.000 orang tim operasional yang bekerja di pusat distribusi Lazada Indonesia yang terletak di Cakung Jakarta Timur dan Surabaya, akan bekerja selama 24 jam dengan tiga shift kerja.

Secara total, akan ada 70 stations di warehouse yang akan mempersiapkan Lazada Indonesia, juga bekerja sama dengan tiga mitra kerja sama logistik baru yang menghasilkan total sebanyak 20 mitra kerja sama logistik untuk memastikan proses pengiriman produk lebih efektif.

Lazada Indonesia juga telah mempersiapkan lebih dari 8.000 penjual yang tergabung di platform marketplace sejak enam bulan lalu. Persiapan itu salah satunya dilaksanakan dengan menyelenggarakan serangkaian workshop untuk mengedukasi para seller mengenai Harbolnas.

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa, dua hari menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015, Zalora melakukan sejumlah persiapan, termasuk dari segi sumber daya manusia.

“Kami merekrut sejumlah orang untuk mendukung kinerja kami pada saat Harbolnas. Staf warehouse akan bertambah 10 kali lebih banyak dari hari normal,” kata Director of Operations Zalora Indonesia, Ole Daniel, di warehouse Zalora, Cibitung, Bekasi.

Ole mengatakan, staf warehouse Zalora normalnya berjumlah 30 sampai 40 orang. Dengan demikian, staf warehouse Zalora akan berjumlah kurang lebih 300 orang.

Status staf Zalora tersebut merupakan karyawan putus, khusus untuk mempersiapkan Harbolnas. “Amazon dan Alibaba juga melakukan hal serupa saat Holiday season. Pada saat liburan, banyak pelajar yang mencari tambahan uang, ini merupakan kesempatan yang bagus,” ujarnya,

Ole mengungkapkan warehouse yang memiliki jam normal 7 pagi sampai 11 malam, akan beroperasi 24 jam pada saat Harbolnas. Oleh karena itu, Zalora akan memberlakukan dua shift dengan jam kerja yang lebih panjang.

Tidak hanya itu, Ole mengatakan Zalora juga akan mempersiapkan truk logistik di warehouse untuk mengirim barang pada saat itu juga. “Kalau hari normal menunggu malam untuk pengiriman barang, tapi saat Harbolnas, barang-barang langsung dimasukkan truk, jika truk sudah penuh akan langsung dikirim,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya