SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online (analisadaily.com)

Solopos.com, JAKARTA – Beberapa toko online mendulang berkah di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2014, yang diselenggarakan 12 Desember lalu. Sejumlah situs e-commerce bahkan sempat tumbang lantaran mendapati lonjakan pengunjung.

Penggagas Harbolnas 2014, Rizki Sulu Adi, mengakui event kali ini berlangsung diluar perkiraan. Situs ­­e-commerce dan lapak online yang tercatat ikut dalam kemeriahan Harbolnas 2014 kebanjiran pengunjung.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Rizki juga mengungkap sejumlah e-commerce tumbang. “Ya, memang ada beberapa situs yang mengalami down. Tapi itu juga enggak lama kok hanya beberapa menit saja, enggak sampai sejam,” ujar Rizki dikutip Solopos.com dari Detik, Rabu (17/12/2014)..

Menurut Rizki, kebanyakan situs online yang jebol adalah pemain baru di industri e-commerce. Dari penuturan Rizki, hal ini terjadi karena salah satunya adalah kurangnya persiapan yang kurang matang dari peserta Harbolnas 2014. Selain itu, seperti yang disebutkan tadi, yakni di luar ekspektasi.

Memang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pengunjung Harbolnas 2014 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Bahkan Rizki menyebutkan trafik internet Indonesia di saat Harbolnas 2014 meningkat cukup tinggi, di mana biasanya 150 GB perhari meningkat menjadi 168 GB. Data tersebut menurut Rizki dikutip dari data bos Internetindo Data Centre (IDC), Johar Alam Rangkuti.

“Angka tersebut hampir menyaingi trafik tertinggi di Indonesia yang mana itu terjadi di saat Pemilu 2014 kemarin yang mencapai angka 170 GB,” papar Rizki.

Dilansir Liputan, Kamis (11/12/2014), Harbolnas 2014 merupakan hari dimana semua penggiat bisnis e-commerce di Indonesia menggelar diskon gila-gilaan.

Event tersebut kali pertama dicanangkan pada tahun 2012 lalu. Adapun beberapa situs e-commerce yang mengikuti Harbolnas 2014, meliputi Lazada, Elevania, Berrybenka, dengan total keseluruhan 78 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya