SOLOPOS.COM - Ilmuwan menemukan air berusia 600 juta tahun di Himalaya. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Para ilmuwan India dan Jepang bersama-sama menemukan tetesan air yang terperangkap dalam endapan mineral yang kemungkinan besar tertinggal dari lautan purba yang ada sekitar 600 juta tahun lalu di Himalaya. Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Para peneliti dari Indian Institute of Science (IISc) dan Niigata University di Jepang percaya bahwa endapan ini dapat memberikan informasi tentang kondisi laut purba seperti pH, kimia dan komposisi isotop, yang sejauh ini hanya diteorikan atau dimodelkan. Informasi tersebut juga dapat membantu menjawab pertanyaan terkait evolusi lautan, dan bahkan kehidupan, dalam sejarah Bumi.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Analisis endapan, yang mengandung kalsium dan magnesium karbonat, juga memungkinkan tim memberikan penjelasan yang mungkin untuk peristiwa yang mungkin menyebabkan peristiwa oksigenasi besar dalam sejarah Bumi, kata pernyataan IISc.

Para ilmuwan percaya bahwa antara 700 juta dan 500 juta tahun yang lalu, lapisan es tebal menutupi Bumi untuk waktu yang lama, yang disebut glasiasi Bumi Bola Salju (salah satu peristiwa glasial besar dalam sejarah Bumi). Yang terjadi selanjutnya adalah peningkatan jumlah oksigen di atmosfer bumi, yang disebut Peristiwa Oksigenasi Hebat Kedua, yang akhirnya mengarah pada evolusi bentuk kehidupan yang kompleks.

Sajeev Krishnan, profesor di Center for Earth Sciences (CEaS), IISc, dan penulis studi terkait, mengatakan bahwa tim peneliti gabungan dari IISc dan Universitas Niigata telah mengerjakan studi tentang evolusi tektonik sabuk Himalaya dan Nagaland selama lima tahun terakhir.

Selama studi mereka, tim membuat penemuan air berusia 600 juta tahun ini dan memperoleh pengetahuan tentang pembentukan batuan tersebut. Menurutnya ada tiga peneliti dari IISc, antara lain dia dan mahasiswanya, serta seorang mahasiswa dan profesor dari Jepang. Sajeev mengatakan penemuan terbaru “akan membuka peluang besar untuk mengerjakan batuan ini dan termasuk cairan.

“Dalam arti yang lebih luas, penelitian kami akan memberikan petunjuk tentang sejarah tektonik Bumi”. Sejauh ini, para ilmuwan belum sepenuhnya memahami bagaimana peristiwa-peristiwa ini terhubung karena kurangnya fosil yang terpelihara dengan baik dan hilangnya semua lautan masa lalu yang ada dalam sejarah Bumi,” jelas Sajeev dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (30/7/2023).

Eksposur batuan laut semacam itu di Himalaya dapat memberikan beberapa jawaban. Seberapa berbeda atau serupa mereka dibandingkan dengan lautan saat ini? Apakah mereka lebih asam atau basa, kaya atau kurang nutrisi, hangat atau dingin, dan apa komposisi kimia dan isotopnya? Wawasan semacam itu juga dapat memberikan petunjuk tentang iklim Bumi di masa lalu, dan informasi ini dapat berguna untuk pemodelan iklim, tambahnya.

Kekurangan kalsium juga kemungkinan menyebabkan kekurangan nutrisi, membuatnya kondusif untuk cyanobacteria fotosintesis yang tumbuh lambat, yang bisa mulai memuntahkan lebih banyak oksigen ke atmosfer.

“Setiap kali terjadi peningkatan kadar oksigen di atmosfer, Anda akan mengalami [evolusi] radiasi biologis,” jelasnya.

Sebelum menemukan air berusia 600 juta tahun, yim memburu endapan ini melintasi bentangan panjang Himalaya Kumaon barat, membentang dari Amritpur hingga gletser Milam, dan Dehradun hingga kawasan gletser Gangotri. Dengan menggunakan analisis laboratorium yang ekstensif, mereka dapat memastikan bahwa endapan tersebut merupakan produk presipitasi dari air laut purba, dan bukan dari tempat lain, seperti bagian dalam Bumi (aktivitas vulkanik). Endapan yang ditemukan oleh tim – yang berasal dari sekitar waktu glasiasi Bumi Bola Salju – menunjukkan bahwa cekungan sedimen kekurangan kalsium untuk waktu yang lama, mungkin karena masukan sungai yang rendah.

“Selama ini, tidak ada aliran di lautan, dan karenanya tidak ada masukan kalsium. Ketika tidak ada aliran atau masukan kalsium, karena lebih banyak kalsium yang mengendap, jumlah magnesium naik,” jelas Sajeev Krishnan, Profesor di CEaS dan penulis studi. Endapan magnesium yang terbentuk saat ini mampu menjebak air laut paleo di ruang pori mereka saat mengkristal, saran para peneliti.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ilmuwan Temukan Air Berusia 600 Juta Tahun di Himalaya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya