SOLOPOS.COM - Teknologi Door Video di Indocomtech 2015 (Okezone)

Pameran teknologi Indocomtech 2015 menghadirkan teknologi kaca mata pintar dan Door Video berbasis smart home oleh AR-Co.

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan developer lokal, Augmented Reality & Co (AR&Co), menghadirkan teknologi Augmented Reality and Technology Xperience (AR-TX) di pameran teknologi Indocomtech 2015.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari Okezone, Sabtu (31/10/2015), pameran teknologi Indocomtech yang digelar tahun ini mengusung tema Internet of Things (IoT). Teknologi yang ditampilkan bukan hanya smartphone, namun smart home juga ditampikan untuk menunjukkan kecanggihan teknologi.

AR&Co yang menjadi salah satu peserta, membawa teknologi smart home. Managing Director AR & Co, Peter Shearer, menjelaskan, smart home miliknya yakni sebuah rumah dilengkapi berbagai fasilitas canggih, mulai dari perangkat handle pintu masuk rumah yang dapat dibuka dengan nomor pin atau pemindai sidik jari.

“Terdapat juga door video, yang memungkinkan seseorang melihat orang lain di balik pintu dan dapat berkomunikasi. Ini salah satu aplikasi Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari,” kata Peter.

Selanjutnya, Peter menerangkan ada sebuah cermin yang dilengkapi jam digital yang dapat memberikan reminder jadwal kegiatan. “Cermin ini juga menampilkan animasi penampilan paduan pakaian, kacamata, hanya memainkan digital game dengan menggerakkan kepala,” urainya.

Lebih lanjut, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Sabtu, Peter menjelaskan ketika tidak di rumah pemilik rumah dapat mengetahui siapa yang datang ke rumah dan bisa membukakan pintu rumah dari gadget mereka.

Selain dari gadget pemilik rumah, pintu juga dapat diakses dengan dua fungsi lainnya yaitu pemindai sidik jari dan pin. Memasuki ruangan rumah, terdapat panel yang dapat mengatur cahaya lampu dan juga mematikan AC yang juga dapat dikoneksikan ke gadget pemilik rumah.

“Harus ada Internet, karena ini Internet of Things. Fungsi panel itu memungkinkan pemilik rumah untuk menyalakan AC ketika masuh di jalan. Bisa juga menjadi fungsi security untuk memastikan apakah lampu sudah dimatikan ketika keluar rumah untuk menghemat energi,” lanjut dia.

Di kamar tidur, smart home juga dilengkapi smart mirror. Selain untuk bercermin, smart mirror dapat berfungsi sebagai jam, mengetahui waktu, tanggal, hari dan cuaca.

Karena terhubung dengan gadget, smart mirror juga dapat mengingatkan agenda jadwal pemilik rumah pada hari itu. Tidak hanya itu smart mirror juga dapat menampilkan animasi tampilan padu-padan pakaian untuk memilih baju secara virtual. Smart mirror sendiri terbuat dari layar LED atau touch screen.

Sayangnya, teknologi tersebut di Indonesia masih sebatas konsep smart home dan belum diaplikasikan. Pasalnya, dalam pengoperasiannya perangkat tersebut harus terkoneksi Internet cepat.

“Saat ini belum memungkinkan di Tanah Air, karena selain biaya besar perangkat ini juga membutuhkan Internet yang cepat, namun perangkat ini sudah digunakan di Jerman,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya