SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Ponsel meledak dan terbakar (Ilmuteknik.id)

Solopos.com, SOLO — Tukino, 43 tahun warga Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten mengalami luka bakar setelah ponsel miliknya meledak dan membakar tempat tidur.

Informasi dari Pejabat Kepala Desa Ngandong, yang diterima Solopos.com, korban pulang ke rumah Minggu (17/7/2022) dini hari kemudian masuk ke kamar tidur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diketahui korban memainkan ponselnya yang sedang diisi daya baterainya. Namun Tukino ketiduran hingga akhirnya ponsel meledak pukul 04.00 WIB.

Ledakan itu menimbulkan percikan api yang kemudian membakar tempat tidur dan peralatan lain di kamar. Korban terbangun setelah api membakar tangan, dada, dan sebagian wajah.

Tentu banyak yang khawatir jika ponsel mereka bisa juga mengalami hal serupa tiba-tiba meledak. Lantas apa penyebab ponsel meledak?

Baca juga: Kenapa Kominfo Blokir WhatsApp? Ini Penjelasannya

Dikutip Solopos.com dari Teknonisme.com dan Ilmuteknik.id, ada sejumlah penyebab ponsel meledak, sehingga membahayakan penggunanya. Termasuk seperti kejadian di Klaten.

Menggunakan HP pas dicas

Ternyata memainkan ponsel saat sedang diisi daya menjadi salah satu penyebab tiba-tiba ponsel meledak atau terbakar. Jadi sebaiknya jangan gunakan HP saat dicharge.

Ponsel kelebihan panas

Kelebihan panas atau overheat bisa berpotensi ponsel meledak dan terbakar. Salah satunya ketika ponsel diletakkan di bagasi motor, tertindih saat tidur, atau menggunakan chasing tidak ada sirkulasi udaranya.

Baca juga: Gara-Gara Ponsel Meledak, Warga Gantiwarno Klaten Alami Luka Bakar

Baterai Rusak

Kerusakan pada baterai bisa karena usia pemakaian yang sudah lama atau baterai bocor dan mengembung juga bisa memicu ponsel meledak.

Charger dan baterai tak original.

Perusahaan pembuat ponsel sudah memperhitungkan baterai dan charger yang sesuai. Jika Anda menggunakan charger bukan aslinya termasuk baterai, bisa menyebabkan ponsel meledak.

Kerusakan komponen HP

Handphone yang sering jatuh apalagi dari ketinggian bisa menimbulkan kerusakan kompenen dan jika dibiarkan bisa konsleting dan ponsel meledak tiba-tiba.

Baca juga: Tiga Operator Seluler Ini Sudah Hapus Sinyal 3G, Mulai Kapan?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya