SOLOPOS.COM - Nokia Lumia 1020 Vs DLSR Entry Level (versus.com)

Solopos.com, SOLO – Nokia terus mengembangkan teknologi kamera di perangkat smartphone dan phablet mereka. Belum lama ini salah satu perangkatnya, Lumia 1020 menjadi andalan fotografer majalah fashion di Inggris untuk pemotretan seluruh isinya. Lantas wajar jika kamera di perangkat ini mulai diperbandingkan dengan kamera SLR.

Jika diperbandingkan, sejumlah fitur kamera di perangkat Lumia 1020 sebetulnya masih sedikit dibawah kamera SLR. Kecuali Resolusinya yang begitu besar, kamera Lumia 1020 masih digolongkan sebagai kamera dengan pengoperasian sederhana. Barangkali jika diperbandingkan dengan kamera saku, perangkat ini bisa mengungguli sejumlah merek.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Teknis mekanik kamera tidak terlalu rumit. Ini bisa jadi plus atau minus Lumia 1020 dibanding SLR. Pasalnya jika digunakan awam, kamera ini bisa sangat memudahkan untuk mendapat gambar berkualitas karena kesederhanaan pengoperasiannya. Namun bagi profesional tentu butuh kemampuan mekanis yang lebih detail dari sekedar kamera ponsel.

Solopos.com mengutip situs layanan komparasi teknologi Versus.com mencatat sejumlah keunggulan Lumia 1020 dibanding kamera entry-level, Nikon D3100.

Seblumnya perlu diketahui, DSLR Nikon D3100 adalah kamera entry-level yang cukup laris di tanah air. Dengan kualitas dan kemudahan fiturnya, D3100 jadi favorit fotografer pemula.

Nah, jika diperbandingkan Lumia 1020 lebih unggul dalam hal resolusi kamera yaitu 41 megapiksel. Ungul jauh dibanding D3100 yang hanya memakai resolusi 14,8 megapiksel. Resolusi ini mempengaruhi ukuran foto dan kerapatan piksel jika dizoom-out.

Lumia 102 menggunakan layar 1280×768 piksel atau 4,6 kali lebih besar dibanding D3100. Pengaruhnya memang tak terlalu besar pada kualitas gambar hanya penampilan saat melakukan review gambar saja.

Lumia 1020 punya image stabilization sementara D3100 tak punya. D3100 mengandalkan image stabilization lensa (Nikon dikenal VR atau Vibration Reduction). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mereduksi getaran pada kamera karena guncangan.

Kualitas Video Lumia 1020 lebih baik dibandingkan D3100. Dikatakan kualitasnya 25 persen lebih baik melihat ukuran resolusinya yang lebih besar.

Selain itu keunggulan Lumia 1020 adalah adanya fitur higher dynamic range (HDR), video light untuk perekaman video di pencahayaan rendah, shutter speed yang lebih tinggi dan fitur menarik touch autofocus. Fitur terakhir adalah fitur untuk menempatkan fokus otomatis hanya dengan sentuhan.

Lagipula Lumia 1020 memiliki kamera depan yang cocok untuk melakukan selfie. Sementara D3100 barangkali butuh tripod untuk memotret diri sendiri.

Sebaliknya jika melihat dari sisi D3100 kamera ini mempunyai sejumlah keunggulan. Paling fundamental adalah DSLR punya fitur untuk pengaturan ISO, axposure dan shutter speed.

DSLR punya kemampuan untuk mengatur kedalaman fokus atau ruang tajam, pencahayaan dan kreasi gambar yang beragam. Sejumlah kemampuan mekanis lain juga tak bisa ditandingi dengan kamera ponsel, misalnya teknik bulb dan panning tentu akan lebih memuaskan dengan menggunakan kamera DSLR.

D3100 unggul dalam hal ISO yang bisa dipacu lebih tinggi hingga 12800 berbanding 3200 milik Lumia 1020. ISO berguna dalam pencahayaan rendah. Jadi dengan pencahayaan seadanya kamera DSLR masih bisa berguna meski tanpa cahaya pembantu seperti flash atau lampu kilat.

D3100 juga memiliki AF (Auto Focus) tracking yang berguna untuk melakukan pencarian titik fokus. Ada 11 titik AF tracking dengan kecepatan autofocus lebih tinggi.  Autofocus berguna untuk melacak obyek utama dalam foto.

Secara kesuluruhan laman Versus.com mencatat ada 14 keunggulan D3100 dibanding kamera Lumia 1020 termasuk berkaitan dengan kualitas perangkat keras (hardware) seperti removable bateray  dan output HDMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya