SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat jatuh. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA-Berikut ini spesifikasi jet pribadi embraer legacy 600 milik Yevgeny Prigozhin, bos tentara bayaran Wagner Group.

Ada spekulasi  Presiden Rusia Vladimir Putin punya peran dalam kematian tragis bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin yang mengalami kecelakaan pesawat di wilayah Tver Rusia, Kamis (24/8/2023).

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Kematian Prigozhin seolah memperlihatkan kepada para petinggi militer Rusia bahwa Putin tak suka dengan ketidaksetiaan. Sebelumnya Prigozhin sempat mencoba melakukan kudeta terhadap militer Rusia yang dianggapnya tidak adil dengan pasukan Wagner pada Juni lalu.

Namun upaya kudeta itu berakhir hanya beberapa jam setelah pasukan Wagner berkonvoi menuju pusat kota Rusia.

Prigozhin memang selamat dari sanksi berat Rusia, ia hanya diharuskan untuk meninggalkan Rusia. Namun menurut beberapa ahli militer, setelah kudeta yang gagal itu, sebetulnya nyawa  Prigozhin terancam. Adapun kematian Prigozhin dalam kecelakaan ini seoalah membuktikan spekulasi tersebut.

Selain itu, ada yang menarik dari peristiwa kecelakaan maut yang menewaskan bos Wagner itu. Menurut media lokal, pesawat yang jatuh itu diidentifikasi sebagai Jet pribadi Embraer Legacy 600, dengan nomor ekor RA-02795, disebut sebagai milik Prigozhin.

 

Spesifikasi Jet Pribadi Embraer Legacy 600 Milik Prigozhin

Di dunia ini tak banyak yang mampu membeli jet pribadi seperti Embraer Legacy 600 yang harganya Rp375 miliar. Namun Prigozhin sang mantan juru koki Putin dan bos dari tentara bayaran Wagner Group itu mampu membelinya.

Embraer Legacy 600  mulai diproduksi oleh Embraer, perushaan asal Brasil itu pada tahun 2002 dan terus memproduksinya hingga saat ini.

Kabin jet pribadi ini mempunyai panjang 42,4 kakiX6,9 kaki dan tinggi 6,76 kaki sehingga memberikan total volume kabin 1.413 kaki kubik.

Dimensinya membuatnya nyaman untuk 12 penumpang, dengan konfigurasi tempat duduk maksimal 16 orang. Kompartemen bagasi dapat menampung hingga 34 tas, dengan asumsi rata-rata bagasi kurang dari 5 kaki kubik.

Embraer Legacy 600 memiliki jangkauan maksimum (tergantung angin sakal, ketinggian tinggi, suhu panas, atau kapasitas lebih tinggi) 3916 mil dan kecepatan maksimum 524 mph.

Sementara itu, jet ini didasarkan pada model ERJ 135 dengan kokpit Mark I yang diperbarui dari EMB-145. Legacy 600 punya tambahan baru seperti jangkauan yang lebih luas karena tangki bahan bakar tambahan di bagian ekor, terletak di belakang kompartemen bagasi dan di depan sayap.

Demikian spesifikasi jet pribadi Prigozhin.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mahal, Ini Spesifikasi Jet Pribadi Embraer Legacy 600 Milik Bos Wagner Group”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya