SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan 5G (telecomdrive.com)

Solopos.com, SOLO — Selama ini kita mengenal jaringan selular 4G untuk telepon selular (ponsel) atau smartphone. Baru kemudian pertengahan 2021, jaringan selular generasi ke-5 atau 5G masuk ke Indonesia.

Keunggulan teknologi 5G ini dapat menjangkau kecepatan hingga 10 Gbps. Jaringan 5G juga diklaim memiliki latency 1 ms (10 kali lebih rendah dari 4G).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Serta mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km2, lebih banyak 10 kali lipat dari teknologi 4G. Di Indonesia sendiri, jaringan 5G sudah mulai tersebar di beberapa wilayah.

Baca juga: Lima Smartphone ini Paling Dinanti Kehadirannya di 2022

Sebelumnya, seperti dikutip Solopos.com dari Bisnis.com, penyedia layanan internet yang pertama kali menyediakan jaringan 5G adalah Telkomsel. Kemudian ada XL Axiata dan Indosat.

Nah berikut wilayah terkaver jaringan 5G di Indonesia, sesuai dengan penyedian jasa layanan internet.

Telkomsel

DKI Jakarta
Surabaya
Makassar
Bali
Batam
Medan
Solo
Balikpapan
Bandung

Baca juga: Smart City untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Era Digital

XL Axiata

Jakarta
Bandung
Yogyakarta
Surabaya
Depok
Medan
Banjarmasin
Makassar

Indosat

Solo
Jakarta
Surabaya
Makassar
Balikpapan

Baca juga: Ini Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara mendapatkan layanan 5G, pelanggan harus menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G). Kemudian harus berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G.

Menggunakan perangkat ponsel pintar yang telah mendukung jaringan dan layanan 5G. Pastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut. Lalu memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya