SOLOPOS.COM - Logo Facebook dan Instagram. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Meta, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat akan memberlakukan tarif untuk Instagram dan Facebook tanpa iklan. Kita warga Indonesia boleh tenang dulu sebab kebijakan ini akan diterapkan di Uni Eropa.

Meta akan menerapkan tarif paling tinggi senilai USD10,46 atau sekitar Rp157.000 per bulan baik untuk mengakses Facebook maupun Instagram melalui desktop (komputer) dan USD6,28 atau sekitar Rp98.000 untuk setiap akun tautan tambahan.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Sementara untuk akses di perangkat mobile, tarif yang dikenakan lebih tinggi yakni mencapai USD13,62 per bulan atau Rp212.608 per bulan (kurs: Rp15.610).

“Sebab, Meta akan memperhitungkan komisi yang kenakan oleh toko aplikasi (app stores) milik Apple dan Google,” dikutip Bisnis dari Reuters, Selasa (3/10/2023).

Belum lama dalam tahun ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu dikenakan denda lebih dari USD408 juta oleh Komisi Perlindungan Data Pribadi Irlandia. Selain denda, otoritas Irlandia memberitahu Meta bahwa perusahaan tidak dapat menggunakan dasar hukum ‘kontrak’ untuk mengirimkan iklan kepada pengguna berdasarkan aktivitas daring mereka.

Meta juga bakal meminta persetujuan pengguna di Uni Eropa sebelum mengizinkan iklan guna memenuhi sejumlah persyaratan peraturan yang berkembang di teritorial tersebut.

Adapun, perusahaan telah memberikan pemberitahuan kepada regulator di Eropa bahwa penerapan tarif layanan bebas iklan untuk pengguna di kawasan tersebut akan dimulai pada bulan depan.

Juru bicara Meta mengatakan perusahaan masih percaya pada layanan gratis yang didukung oleh iklan yang dipersonalisasi, sembari menjajaki berbagai opsi guna memastikan perusahaan mematuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Meta Berencana Pasang Tarif Rp212.000 bagi Pengguna Instagram dan Facebook di Eropa”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya