SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerhana bulan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Terjadinya gerhana Bulan penumbra pada 5-6 Mei 2023 membuat masyarakat Indonesia penasaran, kira-kira jam berapa puncak gerhana tersebut?

Fenomena alam tersebut terjadi ketika ada sebagian cahaya Matahari yang terhalang oleh Bumi. Bulan masuk di bayangan penumbra Bumi. Saat Bulan memasuki penumbra, terangnya berkurang secara sedikit demi sedikit. Proses gerhana Bulan penumbra ini adalah posisi Bulan, Matahari, Bumi sejajar di mana Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Menurut Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rhorom Priyatikanto, gerhana Bulan penumbra ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Terkait jam berapa puncak Gerhana Bulan Penumbra, Rhorom menyebutkan puncaknya terjadi pada 6 Mei 2023 pada pukul 23.24 WIB.

“Semua wilayah Indonesia kebagian, fenomena gerhana Bulan penumbra ini bisa dilihat di wilayah Indonesia sekitar tengah malam, yang terjadi pada tanggal 5-6 Mei 2023. Gerhana mulai tanggal 5 Mei 2023 dari pukul 21.15 WIB dan selesai pukul 01.30 WIB keesokan harinya dan puncaknya pada 23.24 WIB,” kata dia, dilansir laman resmi BRIN, Jumat (5/5/2023).

Namun, berbeda dengan gerhana Bulan total yang tampak kemerahan menyala, pada gerhana Bulan penumbra, masyarakat cukup sulit untuk menyaksikan gerhana ini tanpa bantuan kamera.

“Perbedaan umbra dan penumbra pada gerhana Bulan, yaitu bila ada bagian Bulan yang memasuki umbra, maka bagian tersebut tidak menerima cahaya Matahari, kecuali sebagian kecil yang terbiaskan oleh atmosfer Bumi dan sebaliknya, bagian yang masuk penumbra masih menerima cahaya Matahari,” tuturnya.

Nah, setelah mengetahui jam berapa puncak Gerhana Bulan Penumbra 5-6 Mei 2023, kamu sudah siap mengamatinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya