SOLOPOS.COM - Model earphone menyesuaikan bentuk telinga. (Antara/Ho)

Solopos.com, JAKARTA — Earphone adalah perangkat elektronik yang membantu kamu agar lebih nyaman ketika mendengarkan musik atau pas menonton film dan tidak mengganggu orang lain.

Saat ini pun banyak model earphone di pasaran, mulai dari model konvensional yakni menggunakan kabel sampai nirkabel atau tanpa kabel dengan memanfaatkan bluetooth.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Banyaknya pilihan earphone di pasaran justru sering membuat konsumen bingung menentukan produk earphone yang akan dibeli.

Namun saat ini kebingungan tersebut bakal ada solusinya, karena seperti dikutip Antara, JBL, merk perangkat audio, memberikan empat tipe earphone yang lazim ditemui di pasaran.

Tipe earphone, dikutip dari siaran pers, Senin (30/5/20220, sebaiknya disesuaikan dengan bentuk telinga supaya memberikan hasil yang maksimal saat mendengarkan audio.

Baca juga: Jogjastreamers Hadirkan Platform Streaming Radio

1. Dot-closed

True wireless stereo (TWS) berbentuk dot dan bagian ujung telinga (ear tip) berbahan silikon ini cocok untuk pengguna yang memiliki bentuk tragus telinga pendek dan daun telinga (concha) dalam.

Silikon pada ear tip perangkat bisa menyegel penuh lubang telinga sehingga akan membantu meredam suara dan luar dan memaksimalkan suara bass.

2. Stick-closed

Earphone bentuk ini memiliki bagian ujung telinga yang dilapisi silikon. Perbedaanya, earphone jenis ini memiliki cangkang dan gagang (stem) pendek agar TWS tidak mudah lepas saat dipakai.

Silikon pada eartip akan menyegel lubang telinga secara penuh, meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass, cocok untuk pemilik telinga dengan tragus berbentuk V solid dan daun telinga dangkal.

Baca juga: iPhone 14, Ini Bocoran Spesifikasinya Yang Beredar di Media Sosial

3. Stick-open

Tidak seperti dua model sebelumnya, ear tip pada model stick-open tidak menyegel penuh telinga. Pengguna akan masih bisa mendengar suara di sekitarnya.

Model ini cocok untuk pengguna yang memiliki telinga tragus V solid dan concha dangkal. Earphone stick-open biasanya memiliki cangkang dan gagang yang pendek.

4. Headphone on-ear dan over-ear

Model ini yang paling fleksibel diantara yang lainnya, semua orang relatif bisa menggunakan model ini terutama bagi mereka yang suka menggunakan earphone dalam waktu yang lama.

Headphone on-ear dan over-ear bisa digunakan lama dan tidak membuat telinga sakit dan nyaman digunakan oleh berbagai bentuk telinga. Headphone ini memiliki suara bass yang dalam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya