SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Bendera Jepang (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Jepang menunda peluncuran Roket H-IIA ke Bulan karena cuaca buruk. Badan antariksa Jepang menunda peluncuran roket tersebut karena angin kencang.

Penundaan dilakukan 27 menit menjelang liftoff.  Mengutip berita Reuters, peluncuran yang dioperatori oleh Mitsubhisi Heavy Industries (MHI) itu sebenarnya memiliki peluang kesuksesan hingga 98 persen.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Angin kencang menjadi kendala bagi kami untuk melakukan peluncuran. [peluncuran dihentikan] untuk memastikan tidak ada dampak dari puing-puing yang berjatuhan di area yang telah diperingatkan sebelumnya,” kata Kepala Unit Peluncuran MHI H-IIA Tatsuru Tokunaga.

Manager Keamanan Japan Aerospace Exploratin Agency (JAXA), Michio Kawakami, menambahkan kecepatan angin yang membatalkan peluncuran tersebut mencapai 108 kph (67 mph). Terpantau di ketinggian 5.000-15.000 meter.

Menyusul penundaan tersebut, JAXA belum memutuskan tanggal peluncuran berikutnya. Namun, diperkirakan sebelum Kamis (31/8/2023) setelah dilakukan pengisian ulang bahan bakar. Pada awalnya, roket tersebut dijadwalkan meluncur dari Tanegashima Space Center milik JAXA pada Senin pagi (28/8/2023) .

Sebelumnya, peluncuran H-IIA sudah 2 kali mengalami penundaan sejak pekan lalu karena alasan serupa, yakni cuaca buruk.

Sebagai informasi, roket tersebut membawa pesawat ruang angkasa Jepang pertama yang mendarat di bulan, Smart Lander for Investigating Moon (SLIM).

JAXA berencana mendaratkan SLIM pada perode Januari-Februari 2024 jika peluncuran pada Senin ini berhasil, menyusul kesuksesan India mendaratkan Chandrayaan-3 Moon di permukaan lunar.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jepang Tunda Peluncuran Roket H-IIA ke Bulan Akibat Angin Kencang”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya