SOLOPOS.COM - Iphone 15. (Apple)

Solopos.com, SOLO – Kapan iPhone 15 masuk ke Indonesia? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak masyarakat yang menunggu-nunggu kehadiran ponsel baru dari Apple tersebut.

Memang iPhone 15 sampai saat ini belum masuk Indonesia sejak peluncurannya secara global pada September lalu. iPhone 15 resmi diluncurkan dalam acara Wanderlust yang diselenggarakan Apple pada 13 September lalu. Kini, hampir satu bulan sejak perilisan, iPhone 15 yang diluncurkan dalam empat seri itu belum juga masuk ke Indonesia.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Hal ini berbeda dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang sudah mendapat iPhone 15 dan diketahui daftar harganya. Namun saat ini masyarakat Indonesia mendapat angin segar terkait masuknya iPhone 15 ke Tanah Air. Sebab, iPhone 15 sudah mendapatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

TKDN merupakan persentase nilai komponen produksi suatu produk yang pembuatannya dilakukan di dalam negeri. Empat seri iPhone 15 memiliki nilai TKDN 35 persen. Ada kode A3106, A3102, A3094, dan A3090 untuk produk iPhone 15. A3090 diberikan untuk iPhone 15 reguler, kemudian A3094 merupakan kode untuk iPhone 15 Plus, A3102 untuk iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max diberi label A3106.

Situs resmi Apple dan iBox yang merupakan distributor resmi iPhone 15 di Indonesia sudah memasang informasi mengenai ketersediaan produk. Namun memang hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai tanggal peluncuran iPhone 15 di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan perilisan iPhone sebelumnya, masuknya ponsel ini ke Indonesia terbilang cukup lama. Misalnya, iPhone 14 diluncurkan pada 7 September 2022, kemudian masuk ke Indonesia pada November 2022. Sementara iPhone 13 yang rilis pada 1 September 2021, masuk ke Indonesia pada November 2021.

Mengacu “kebiasaan” tersebut, kemungkinan iPhone 15 diperkirakan masuk ke Indonesia pada November mendatang.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “iPhone 15 Sudah Terdaftar di Kemenperin, Kapan Masuk Indonesia?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya