SOLOPOS.COM - Ilustrasi internet (Dok/JIBI)

Solopos.com, TOKYO–Perusahaan pengembang layanan internet dunia, Akamai Technologies merilis data kecepatan internet dunia. Dalam catatan itu, Indonesia berada di peringkat 101 dunia dengan kecepatan akses rata-rata 2,5 Mbps.

Laporan terbaru Akamai menyebut Korea Selatan, Hong Kong, Swiss, Jepang Belanda sebagai negara dengan tingkat kecepatan internet tertinggi. Sedangkan untuk regional Asia Tenggara, Singapura menduduki peringkat pertama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dilansir IBtimes, Jumat (3/10/2014), data yang dikumpulkan oleh Akamai sepanjang kuartal kedua tahun 2014 diambil melalui Intelligent Platform dan mencakup semua negara yang setidaknya memiliki 25 ribu unique visitors.1554150akamai3340x340

Akamai juga membagi dua klasifikasi kecepatan internet, yakni “Broadband” dan “High Broadband”. Negara yang mempunyai broadband adalah yang mempunyai internet setidaknya berkecepatan 4 Mbps, sementara high broadband di atas 10 Mbps.

Menurut laporan tersebut, di beberapa negara telah mengalami peningkatan rata-rata kecepatan broadband sebesar 21% dari 4 Mbps ke 4,6 Mbps. Ini bisa mendorong batas bar minimal kecepatan broadband.

Sedangkan Indonesia menduduki peringkat 101 dunia dengan kecepatan akses internet rata-rata 2,5 Mbps. Kabar baiknya, kecepatan ini sudah meningkat 5% dari angka 2,4 Mbps pada kuartal sebelumnya.

Pencapaian ini sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan enam bulan sebelumnya yang hanya sebesar 1,6 Mbps. Kecepatan rata-rata akses internet di seluruh dunia sendiri naik 21% yakni dari 3,9 Mbps jadi 4,6 Mbps.

Sedangkan peningkatan terbesar dialami oleh Hong Kong yang mencatat kenaikan 18% dan menempatkannya di posisi kedua dunia.

Meski mengalami peningkatan namun peringkat internet Indonesia justru turun dari 93 jadi ke-101. Pasalnya, negara-negara lain di seluruh dunia mencatat kenaikan kecepatan lebih tinggi. Misalnya Vietnam yang kecepatan internetnya naik 42% sehingga peringkatnya lebih tinggi dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya