SOLOPOS.COM - Pengurus masjid membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mandiri di Masjid KH Ahmad Dahlan di Karangploso, Malang, Jawa Timur, Senin (23/5/2022). Pengurus masjid tersebut memasang empat panel tenaga surya yang mampu menghasilkan listrik 800 Watt sehingga bisa menghemat biaya operasional listrik sekitar Rp200.000 hingga Rp300 ribu per bulan. (Solopos.com/ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, SOLO – Listrik yang bersumber dari energi fosil memiliki sejumlah kekurangan, lain halnya dengan listrik yang dihasilkan dari penggunaan panel surya. Panel surya yang memanfaatkan cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi aliran listrik dan memiliki lebih banyak keunggulan yang bermanfaat bagi Anda.

Tahukah Anda, jika penggunaan panel surya akan menekan biaya listrik setiap bulannya hingga 30%? Maka dari itu, panel surya saat ini menjadi tren di perumahan, perkantoran, maupun industri.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Selain karena lebih irit, panel surya juga memiliki keunggulan lain, yakni sumber energi dari matahari yang tiada habisnya. Tidak seperti sumber listrik dari tenaga bahan bakar fosil yang lama-kelamaan akan habis.

Ketersediaan listrik Indonesia sampai tahun 2022 ini mencapai 6,7 Giga Watt. Meski terdengar melimpah, konsumsi listrik yang besar setiap harinya ditambah populasi yang semakin meningkat membuat ketersediaan listrik yang bersumber dari energi fosil akan menipis bahkan habis sama sekali.

Kekurangan Energi Fosil Sebagai Sumber Listrik l Dibanding Panel Surya

Meski melimpah, listrik dengan sumber tenaga bahan bakar dari fosil memiliki beberapa kekurangan dibanding penggunaan panel surya. Berikut beberapa kekurangan yang penting untuk Anda ketahui:

1. Terbatas

Listrik dari bahan bakar fosil bisa habis jika digunakan terus-menerus. Untuk mencegah kelangkaan, maka ketergantungan terhadap energi fosil harus ditekan.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Panel Surya On Grid dan Off Grid

Salah satu cara menekan ketergantungan itu dengan beralih ke energi terbarukan seperti panel surya.

2. Pencemaran

Kekurangan selanjutnya dari listrik dengan sumber energi fosil adalah sumbangsihnya terhadap pencemaran terhadap lingkungan. Saat terjadi proses pembakaran pada pembangkit listrik dari sumber energi fosil, udara akan tercemar sehingga memperburuk kualitas udara .

Kekurangan itu tidak ditemukan di penggunaan panel surya. Energi panel surya ini bisa menciptakan energi yang lebih bersih dan tidak menyebabkan pencemaran udara.

3. Pemanasan Global

Dampak pemanasan global dapat mengancamkeberlangsungan makhluk hidup di Bumi. Salah satu bentuk dampak pemanasan global yang saat ini dirasakan adalah suhu udara yang terasa semakin tinggi.

Selain itu, pemanasan global juga dapat memicu es di kutub terus mencair. Akibatnya, volume air laut terus meningkat dan memicu berbagai bencana.

Baca Juga: Tagihan Listrik Berkurang Pakai PLTS Atap, Segini Biaya Pemasangannya

Dampak terburuk dari pemanasan global adalah makhluk hidup bisa kehilangan tempat tinggal. Untuk menghindari dampak yang semakin buruk, sangat disarankan untuk mulai beralih ke energi terbarukan seperti panel surya ini.

Manfaat Panel Surya

Untuk mencegah dampak buruk dari kekurangan penggunaan energi fosil, penting bagi masyarakat untuk mulai beralih ke energi terbarukan seperti panel surya.

Energi dari panel surya memberikan banyak manfaat yang tidak akan didapatkan dari energi fosil seperti berikut:

1. Hemat Listrik

Manfaat utama dari panel surya adalah lebih hemat listrik. Dengan menggunakan jasa pemasangan panel surya terbaik, Anda bisa menghemat listrik hingga 30%. Bayangkan berapa banyak penghematan yang Anda dapat rasakan tiap tahunnya apabila tarif listrik terus-menerus naik!

2. Ramah Lingkungan

Manfaat panel surya selanjutnya adalah lebih ramah lingkungan. Kalau Anda mengaku aktivis lingkungan dan memulai gaya hidup hijau, panel surya cocok untuk Anda karena panel surya ini tidak akan menciptakan emisi gas rumah kaca karena tidak ada proses pembakaran di dalamnya.

Baca Juga: Energi Surya Topang Masa Depan EBT

Sangat berbeda dengan listrik dari energi fosil yang menggunakan proses pembakaran sehingga menyebabkan emisi gas rumah kaca.

3. Memanfaatkan Energi Terbarukan

Selain hampir tak ada kekurangan, pemasangan panel surya ini memiliki kontribusi dalam pemanfaatan dan pengelolaan energi terbarukan yang tidak pernah habis. Sangat berbeda bahan bakar fosil yang langka dan cepat habis.

Diperkirakan sumber daya energi fosil akan mulai habis dan menipis secara drastis pada 2030, sehingga energi terbarukan dan modern bisa menjadi langkah terbaik dan strategis demi ketahanan energi di Indonesia.

Terlebih lagi, panel surya juga bisa berfungsi dengan baik di negara tropis seperti Indonesia karena paparan sinar matahari yang mudah ditemukan sepanjang tahun.

Panel surya sebagai bagian dari teknologi energi baru dan terbarukan. (Antaranews.com)

Keunggulan Panel Surya

Ada banyak keunggulan panel surya dibandingkan sumber listrik dari energi fosil seperti berikut:



1. Hemat di Kantong

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau budget yang besar untuk instalasi panel surya ini. Meski demikian, tetap cek kualitas dan kredibilitas perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan panel surya.

Baca Juga: Pemkot Solo bakal Wajibkan Bangunan Pasang Panel Surya, Termasuk Rumah?

2. Instalasi Mudah dan Cepat

Indonesia merupakan negara tropis dengan cahaya matahari yang melimpah. Kelebihan penggunaan panel surya dibandingkan sumber listrik energi fosil uang memiliki banyak kekurangan adalah dari sisi sumber energi. Semakin terang sinar matahari yang diserap sel surya, maka semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan. Instalasinya pun hanya sekitar 3-5 hari untuk hunian Anda.

3. Perawatan Mudah dan Aman Digunakan

Anda hanya perlu membersihkan panel surya secara berkala dengan air untuk memastikan tidak ada debu yang menempel agar panel surya bisa bekerja maksimal. Selain itu, hujan juga secara alami dapat membersihkan panel surya yang terpasang di atap rumah Anda.

Nah, dengan semua kelebihannya, panel surya sudah selayaknya menjadi pilihan masyarakat dalam mendapatkan energi listrik.

Jika bingung memilih perusahaan jasa pemasangan panel surya dengan layanan lengkap tanpa adanya kekurangan, Anda dapat mempercayakan instalasi penggunaan panel surya kepada SUNterra dan SUN Energy dari Grup SUN.

Baca Juga: Biaya Pasang Panel Surya Terbaru 2022, Bisa Bayar Lewat Cicilan

SUNterra dan SUN Energy merupakan perusahaan penyedia jasa panel surya terbaik dan terpercaya di Indonesia untuk pemasangan di rumah, kantor, pabrik, dan industri. Produk dan pelayanan panel surya yang ditawarkan SUN Energy juga beragam serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi soal SUN Energy, Anda bisa langsung klik laman ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya