SOLOPOS.COM - Ilustrasi menara telekomunikasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengklaim jaringan telekomunikasi saat perayaan Natal 2022 kemarin aman tanpa gangguan. Kemenkominfo berharap kondisi serpa berulang saat musim liburan Tahun Baru mendatang.

Plt. Dirjen Penyelenggara Pos dan Infomatika Kemenkominfo Ismail mengatakan dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru (nataru) kali ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi guna mengantisipasi adanya lonjakan trafik. “Untuk periode Natal dan Tahun Baru ini terutama posisi Natal kemarin tanggal 25 Desember, alhamdulillah kita melihat tidak ada terjadinya gangguan yang signifikan yang terjadi akibat dari lonjakan trafik tersebut,” kata Ismail dalam konferensi pers, Senin (26/12/2022).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurutnya, proses perayaan Natal kemarin berjalan dengan baik dan seluruh kebutuhan telekomunikasi masyarakat dapat dilayani dengan baik pula oleh seluruh operator telekomunikasi. Lebih lanjut Ismail berharap persiapan yang sebelumnya dilakukan masih akan berlanjut hingga akhir tahun atau awal tahun baru 2023. “Semoga seluruh rekan-rekan operator telekomunikasi tetap mampu mengatasi dan mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik tersebut,” ujar dia.

Baca Juga Perangkat telekomunikasi Indonesia Rawan Disadap.

Dia menambahkan, pada periode nataru kali ini, diprediksi terjadinya lonjakan trafik sebesar 3%-17% bila dibandingkan trafik normal dan 4%-19% bila dibandingkan tahun lalu. Hal ini, sambung dia, lantaran pergerakan masyarakat jauh lebih dinamis dibanding dengan saat era Covid-19.

“Jadi pada tahun ini terjadi lonjakan trafik yang cukup tinggi ya apalagi dibandingkan dengan tahun sebelumny,” ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kemenkominfo: Jaringan Telekomunikasi Tanpa Gangguan saat Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya