SOLOPOS.COM - Ilustrasi air conditioner (AC). (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Seiring dengan berjalannya waktu, barang-barang elektronik di rumah akan mengalami penurunan kinerja, termasuk alat pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Salah satu masalah yang kerap muncul adalah AC berisik sehingga mengganggu kenyamanan.

Saat AC di rumah berisik, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Hal yang pertama dilakukan adalah perlu mengetahui penyebab AC berisik.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Bisa jadi penyebabnya hanya hal-hal sederhana seperti berikut ini. Berikut ini beberapa penyebab AC berisik yang mungkin Anda alami di rumah sebagaimana dikutip dari laman Sharp Indonesia, Sabtu (14/1/2023).

Penyangga AC Tidak Rata

Agar bisa menempel pada tembok, AC membutuhkan dudukan atau bracket. Idealnya, AC terbaik memang pada bagian tembok yang rata.

Namun karena suatu hal, terkadang AC dipaksa dipasang pada permukaan yang tidak rata. Pemasangan pada permukaan tembok seperti inilah yang kemungkinan menjadi penyebab AC berisik.

Ini bisa diatasi dengan memindahkan bracket di tempat yang lebih rata. Kalau tidak, Anda bisa menggantinya dengan dudukan yang lebih rata.

Baut Longgar

AC akan bergetar saat beroperasi. Begitu pula dengan baut-bautnya. Jika ini terjadi dalam waktu lama, sangat mungkin ada baut yang menjadi longgar.

Baut longgar inilah yang biasanya memicu munculnya suara berisik. Jadi coba periksa apakah ada baut yang longgar. Kencangkan baut tersebut.

Bearing Kompresor Kendur

Komponen lain yang juga bisa menjadi penyebab AC mengeluarkan suara berisik adalah bearing kompresor yang kendur. Faktor usia pun menjadi penyebab utamanya.

Jika sudah begini, satu-satunya cara untuk mengatasinya hanya dengan mengganti bearing kompresor dengan yang baru.

Sabuk yang Longgar

Longgarnya sabuk atau belt AC juga bisa menyebabkan AC mengeluarkan suara berisik. Coba periksa apakah bagian belt ini memang bermasalah.

Jika memang sudah longgar, ganti dengan yang baru. AC terbaik Anda pun akan kembali seperti semula.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC rumah berisik. Kondisi itu tidak selalu menjadi tanda bahwa Anda harus menggantinya dengan yang baru. Bisa jadi hanya beberapa komponen saja yang perlu diganti. Rutin melakukan servis AC bisa mencegah masalah termasuk AC berisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya