SOLOPOS.COM - Empat model produk dari Epson termasuk printer dan proyektor memenangi penghargaan IF Design Award 2022. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Empat model produk dari Epson termasuk printer dan proyektor memenangi penghargaan IF Design Award 2022. Ini merupakan salah satu penghargaan design terbesar di dunia,
yang diselenggarakan oleh iF Industri Forim Design GmbH of Hannover, Jerman.

Kriteria pemilihan berdasarkan dari pertimbangan kepraktisan dan pengerjaan hingga inovasi, sustainability, fungsionalitas, kegunaan, keamanan, estetika, dan desain ecara universal. Tahun ini, panel juri yang terdiri dari 132 ahli desain dari seluruh dunia memeriksa hampir 11.000 entri yang dikirimkan dari 57 negara dan wilayah.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Berikut ini empat produk Epson yang memenangi penghargaan IF Design Award 2022 seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com pada Selasa (31/5/2022):

1. Digital Colour Spectrophotometre SD-10

SD-10 adalah spektrofotometer yang sangat akurat, praktis, dan terjangkau yang dilengkapu dengan filter tuneable MEMS Fabry-Perot yang dikembangkan oleh Epson. Anda dapat menggunakannya sebagai pencocokan warna secara digital dan terhubung dengan smartphone atau layanan cloud untuk mengumpulkan informasi warna secara  terpusat untuk proses pencetakan yang lebih lancar.

Baca Juga: Epson Indonesia Perkenalkan Managing Director Baru

Berukuran saku portable, dapat membantu Anda untuk mengukur warna kapan saja, dan dimana saja.

Fitur desain utama

Bentuknya yang simple, dengan semua elemen yang tidak perlu dihilangkan, dapat memaksimalkan protabilitas dan pengoperasian. Hasil akhir yang diberikan sangat detail, dan warna serta tekstur memberikan kualitas terbaik sebagai instrument optic.

2. Monna Lisa ML-64000 Printer Tekstil Digital

Produk Epson berikutnya yang memenangi penghargaan IF Design Award 2022 adalah Monna Lisa ML-64000 Printer Tekstil Digital. Ini adalah printer tekstil besar pertama Epson untuk memenuhi kebutuhan kualitas merek yang tinggi. Dapat langsung mencetak pada kain hingga lebar 1.8 m.  Ukuranya (2.4 m [H] x 6 m [W]) memiliki pilar dan bentuk tampilan yang lebih kokoh.

Baca Juga: Epson Raih Penghargaan Red Dot

Bagian tengah yang besar memberikan gambaran proses tekstil yang sedang dicetak. Produk ini membantu proses peralihan industri percetakan tekstil dengan menggunakan teknologi analog digital dan dapat mengurangi dampak lingkungan.

Fitur desain utama

Bodinya yang berwarna abu-ab, warna yang dimunculkan terlihat kokoh yang cocok digunakan dalam produksi  dan dapat menyamarkan noda dan kotoran. Skema warnanya yang tersendiri, dengan warna korporat Epson berfungsi sebagai sebuah aksen.



3. EH-LS12000B Home Projector

Teknologi sumber cahaya laser. Memberikan kualitas gambar 4K terbaik sehingga pengguna yang tidak memiliki pengaturan home theatre dapat menikmati pengalaman bioskop di dalam rumah dengan gambar yang tajam, cerah, dan menarik bahkan di ruang tamu yang cukup terang.

Fitur utama desain

Desainnya yang seimbang dan simetris, sangat ringkas dan bersih dalam penampilan. Hal ini membuat proyektor dapat menyatu dengan indah dengan lingkungan tempat tinggal pengguna. Sementara itu cincin yang melingkari lensa proyektor diberi sentuhan akhir metalik, desain eksterior proyektor disempurnakan dengan adanya sedikit tekstur seperti kulit.

Baca Juga:  Revolusi Digital Epson Indonesia Mampu Tingkatkan Penjualan Produk

Semua pertimbangan desain ini diambil untuk memberikan kepuasan tertinggi kepada pengguna karena memiliki model proyektor yang mewah.

4. ELPWP10 & ELPWP20 Presentation System

Ini merupakan salah satu produk Epson yang memenangi penghargaan IF Design Award 2022. Sistem presentasi nirkabel ini dapat mengirimkan konten layar PC ke semua tampilan. Anda dapat dengan mudah mengirim video ke perangkat tampilan Anda dengan menghubungkan pemancar ke PC Anda dan mengklik ikon di layar.

Selain itu, Anda dapat menampilkan konten hingga empat perangkat di layar yang sama secara bersamaan, sehingga meningkatkan komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi selama rapat dan workshops.

Baca Juga: Mengerti Kebutuhan Konsumen, Inilah Kunci Sukses Epson Indonesia 20 Tahun Berkiprah di Tanah Air

Fitur utama desain

Sudut yang bulat dari pemancar sistem presentasi lebih mudah dan lebih menarik bagi mata manusia. Indikator LED yang jelas membantu pengguna ketika perangkat berhasil terhubung, tanpa melalui troubleshooting yang melelahkan. Desain ini diadopsi untuk menurunkan hambatan bagi pengguna kali pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Hanyut di Sungai Banjir Kanal Timur Semarang, Pencari Ikan Ditemukan Meninggal

Hanyut di Sungai Banjir Kanal Timur Semarang, Pencari Ikan Ditemukan Meninggal
author
Abdul Jalil Sabtu, 27 April 2024 - 17:41 WIB
share
SOLOPOS.COM - Basarnas SAR Kota Semarang bersama para relawa berhasil menemukan Suparman, 40, Warga Cilosari Barat, Kelurahan Kemijen yang hanyut di aliran sungai BKT Semarang pada Jumat (26/4/2024) sore. (Dok Basarnas).

Solopos.com, SEMARANG – Seorang pria bernama Suparman, 40, yang hanyut di Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) atau tepatnya di Kampung Cilosari, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa pada Sabtu (27/4/2024) siang.

Warga asal Cilosari Barat, Kelurahan Kemijen itu dilaporkan hanyut di Sungai BKT sejak Jumat (26/4/2024) sore.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kepala Kantor SAR Semarang, Budiono, mengatakan pria itu berhasil ditemukan oleh tim SAR dan sukarelawan pada Sabtu sekitar pukul 13.45 WIB. Lokasi penemuan yakni di muara Daerah Aliran Sungai (DAS) BKT atau tepatnya sekitar 1 kilometer dari tempat kejadian.

“Keadaan [korban] meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka,” ungkap Budiono dalam keterangan resminya kepada Solopos.com, Sabtu.

Koran Solopos

Terkait kronologi lengkapnya, Budiono menerangkan, Suparman ketika menjaring di sungai bagian pinggir DAS BKT di Kelurahan Tambakrejo tidak menyadari jika air sungai meninggi. Akibatnya, pria itu hanyut terbawa arus hingga akhirnya tenggelam lantaran tak bisa berenang.

Mendapati informasi itu, Basarnas SAR Kota Semarang bersama para sukarelawan langsung melakukan operasi pencarian dan pertolongan yang dibagi menjadi 2 Searcah Rescue Unit (SRU). Yakni SRU 1 melakukan penyisiran menggunakan perahu karet ke arah Utara sejauh 1 kilometer dan SRU 2 melakukan penyelaman di sekitar kejadian korban hanyut

“Imbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di sungai untuk lebih hati-hati. Dan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai. Tim yang terlibat kembali kesatuannya masing-masing ” pungkasnya.

Emagazine Solopos

Diberitakan sebelumnya, seorang pencari ikan dilaporan hanyut di aliran sungai Banjir Kanal Timur atau BKT, tepatnya di Kampung Cilosari, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/4/2024) sore. Hingga petang, pencarian terhadap pemancing yang hanyut itu pun masih dilakukan Basarnas SAR Kota Semarang bersama para relawan menggunakan perahu motor maupun alat selam.

“Iya, kejadiannya tadi sore sekitar pukul 15.00 WIB. Sampai sekarang korban masih dalam pencarian. Awalnya, saksi melintas di jembatan dan melihat korban berada di tengah-tengah sungai, seakan mau tenggelam,” kata Kapolsek Semarang Timur, Iptu Iwan Kurniawan.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kursi di Parlemen Anjlok, PAN Sukoharjo Memilih Wait and See Soal Pilkada

Kursi di Parlemen Anjlok, PAN Sukoharjo Memilih Wait and See Soal Pilkada
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Sabtu, 27 April 2024 - 17:38 WIB
share
SOLOPOS.COM - Logo Partai Amanat Nasional. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SUKOHARJO — Struktural PAN Sukoharjo memilih wait and see dalam menyongsong hajatan politik terbesar di Sukoharjo, yakni pilkada pada 27 November 2024. Hal ini dipengaruhi anjloknya perolehan kursi PAN di DPRD Sukoharjo dari lima kursi menjadi tiga kursi pada Pemilu 2024.

Bendahara DPD PAN Sukoharjo, Suryadi, mengatakan pihaknya memilih memantau dinamika politik sebelum menentukan sikap pada Pilkada Sukoharjo 2024. Belum ada pertemuan atau rapat kerja daerah (rakerda) partai untuk membahas sikap dan arah politik dalam pilkada.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Masih cukup banyak waktu untuk menjalin komunikasi politik sebelum pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) pada Agustus nanti,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (27/4/2024).

Anggota DPRD Sukoharjo ini mengungkapkan kondisi PAN Sukoharjo saat ini berbeda dengan Pemilu 2019. Kala itu, PAN Sukoharjo meraih lima kursi di parlemen dan bisa membentuk fraksi di DPRD. Kini, dengan berkurangnya perolehan kursi di parlemen membuat anggota DPRD PAN harus bergabung dengan parpol lain untuk membentuk fraksi gabungan.

Koran Solopos

“Kekuatan partai di parlemen tidak sekuat saat Pemilu 2019. Jadi lebih baik, kami memantau dahulu peta politik menjelang pilkada. Toh, konstelasi politik sekarang masih dinamis. Bisa berubah sewaktu-waktu,” ujar dia.

Disinggung soal kans kader internal partai maju sebagai bakal cabup-cawabup, Suryadi juga belum bisa memberi tanggapan secara jelas. Pengurus partai bakal menentukan arah politik setelah ada pertemuan struktural dan kader untuk membahas pilkada.

Di internal PAN, ada figur yang berpotensi meramaikan bursa bakal cabup-cawabup dalam pilkada, yakni Wiwaha Aji Santosa. Pada Pilkada Sukoharjo 2020, Wiwaha maju sebagai cawabup berpasangan dengan Joko ”Paloma” Santosa sebagai cabup.

Emagazine Solopos

Setelah gagal di pilkada, Wiwaha maju sebagai caleg DPR dari PAN di Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng V meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali dalam Pemilu 2024. Namun, Wiwaha kalah bersaing dengan koleganya, Muhammad Hatta, yang diperkirakan lolos ke parlemen.

“Jika melihat komposisi kursi di parlemen, mestinya ada tiga poros pasangan calon. PDIP tentu bisa mengusung sendiri pasangan calon. Sementara, parpol lain harus berkoalisi,” papar dia.

Pernyataan senada diungkapkan Sekretaris DPD PAN Sukoharjo, Narno Raharjo. Narno mengatakan komunikasi politik dengan pengurus parpol lain baru sebatas informal. Belum ada pembicaraan serius yang mengarah ke sikap partai dalam kontestasi pilkada.

Interaktif Solopos

Narno masih memantau konstelasi politik di Sukoharjo yang tidak menutup kemungkinan bisa berubah setiap saat. “Silaturahmi-silaturahmi masih berjalan. Hanya bersifat informal dengan partai lain. Saya kira partai lain juga demikian. Masih memantau dinamika peta politik,” urai dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Siap Digelar di 3 Tempat, GAS 2024 Dibuka di Magelang

Siap Digelar di 3 Tempat, GAS 2024 Dibuka di Magelang
author
Astrid Prihatini WD Sabtu, 27 April 2024 - 17:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Poster Road to GAS 2024. (Tangkapan layar Road to GAS 2024)

Solopos.com, MAGELANG–Government Auto Show atau disingkat GAS 2024 digelar di Artos Mall, Magelang, selama tiga hari yakni Jumat-Minggu (26-28/4/2024). Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat Jawa Tengah (Jateng) dalam membeli kendaraan bermotor.

GAS telah menjadi tonggak penting dalam kalender acara otomotif di Provinsi Jateng. Dimana event pameran otomotif tersebut telah sukses diselenggarakan selama dua tahun terakhir. Tahun ini GAS kembali hadir untuk memperkenalkan format baru, GAS the Series. Acara tersebut akan diadakan di tiga daerah berbeda di tahun ini, yang salah satunya ada di Kabupaten Magelang.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

GAS The Series 2024 di Kabupaten Magelang yang dipusatkan di Artos Mall diikuti sembilan dealer ternama.

Di sisi lain pameran GAS Road to GIIAS III 2024 itu digelar dengan tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Koran Solopos

Kepala Bapenda Provinsi Jateng, Nadi Santoso, dalam pembukaan acara tersebut menyampaikan GAS 2024 sengaja diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan penjualan kendaraan bermotor. Sebab dengan meningkatnya penjualan kendaraan bermotor diharapkan juga akan meningkatkan PAD Provinsi Jateng dan akan berdampak pada pendapatan di tingkat kabupaten/kota.

Mengenai lokasi pelaksanaan acara, menurutnya telah dipilih lokasi-lokasi yang strategis. Di Magelang misalnya yang dinilai sebagai lokasi yang mudah diakses masyarakat di daerah-daerah sekitarnya seperti Purworejo, Wonosobo, Temanggung, dan lainnya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan event tersebut untuk mendapatkan kendaraan yang didambakan dengan penawaran harga yang menarik.

Emagazine Solopos

“Memang ini masih ada beberapa tempat yang akan kami selenggarakan, masih ada dua lokasi lagi, yakni di Kudus dan di Banyumas. Semua di tahun ini,” lanjut dia.

Bahkan dia berharap pada tahun berikutnya, GAS bisa digelar di setiap kabupaten di Jateng. Menurutnya sinergitas antara pemerintah Provinsi Jateng dan pemerintah kabupaten/kota akan sangat penting. Terlabih pada 2025 nanti, UU No. 1 tahun 2022 mengenai hubungan keuangan pemerintah pusat dan daerah mulai diterapkan.

“Jadi harapan kami ke depan kabupaten maupun kota bisa menyelenggarakan acara serupa bekerja sama dengan Tim Pembina SAMSAT, ada Polda ada Jasa Raharja,” kata dia.

Interaktif Solopos

Sinergitas bukan hanya dalam bentuk penyelenggaraan GAS. Lebih dari itu sinergitas juga diperlukan untuk program sosialisasi, meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak, validasi data terkait kendaraan bermotor dan lainnya. Bahkan diharapkan sinergitas juga akan berkembang hingga di tingkat desa/kelurahan. Disebutkan jika selama ini sinergi dengan sejumlah bumdesa telah berjalan dalam rangka memberikan pelayanan pajak kendaraan bermotor.

Dalam sambutannya, Nadi menyampaikan selama ini pajak kendaraan bermotor dan BBNKB telah menjadi andalan pemerintah provinsi. Di Jateng, untuk tahun ini pendapatan pajak dari sektor pajak kendaraan bermotor sebesar Rp6,5 triliun dari sektor BBNKB Rp3,2 triliun.

“[Target tersebut] kalau hanya dilaksanakan pemerintah provinsi saja tentu akan berat,” jelas dia.



Untuk itu menurutnya, saat ini antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota sudah berkomitmen guna meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Sementara itu saat membacakan sambutan Pj. Bupati Magelang, Sekda Pemkab Magelang, Adi Waryanto, menyampaikan secara umum Pemerintah Kabupaten Magelang menyambut baik pelaksanaan kegiatan GAS 2024.

“Kami menyambut baik Kepala Bapenda Provinsi Jateng yang menjadikan Kabupaten Magelang sebagai lokasi perama acara ini [GAS]. Ini sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak kendaraan bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor,” kata dia.

Dia menjelaskan jika pembangunan yang berjalan di Indonesia termasuk di Provinsi Jateng dan Kabupaten Magelang salah satunya bersumber dari pajak, termasuk pajak kendaraan bermotor dan BBNKB.

Menurutnya semakin besar pendapatan pajak tersebut diterima oleh provinsi atau kabupaten/kota maka akan semakin besar dana bagi hasil yang diterima kabupaten/kota tersebut.

Disampaikan jika pada 2023 lalu besaran bagi hasil pajak kendaraan bermotor dan BBNKB untuk Kabupaten Magelang mencapai Rp197 miliar.

“Maka dengan upaya bersama di tahun ini diharapkan bisa meningkat. Ada sinergi dan kolaborasi bersama,” kata dia.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Magelang juga terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor dengan berperan aktif mengurangi angka tunggakan pajak kendaraan bermotor.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories