SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kisah inspiratif kali ini datang dari Texas Amerika. Sepasang bayi kembar siam berhasil dipisahkan. Dua bayi tersebut juga dilaporkan dalam keadaan sehat.

Harianjogja.com, AMERIKA-Bayi kembar siam di bagian dada dan perut berhasil dipisahkan. Adapun pada operasi pemisahan di masa lalu, metode ini berakhir dengan kegagalan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Knatalye Hope dan Adeline Faith Mata (Allen S. Kramer/Texas Children's Hospital)

Knatalye Hope dan Adeline Faith Mata (Allen S. Kramer/Texas Children’s Hospital)

Knatalye Hope dan Adeline Faith Mata lahir di Texas, Amerika April 2014. Orang tua mereka adalah Elysse dan John Eric.

Pasangan dari Lubbock ini diberitahu dokter jika anak kembarnya akan lahir siam. Seperti prediksi, kedua bayi kembar itu berbagi dinding dada, paru-paru, diaframa, hati, perut, kolon dan pelvis.

Awal bulan ini, sebuah tim yang terdiri dari 26 tenaga medis, termasuk 12 ahli bedah, enam ahli anestesi dan delapan perawat bedah di Rumah Sakit Anak Texas berusaha memisahkan bayi berusia 10 bulan itu. Selama 26 jam, operasi ini berlangsung dan berakhir dengan kesuksesan.

Ibu bayi kembar itu, Elysse berkata tidak akan pernah cukup berterimakasih pada para tenaga kesehatan yang berhasil memisahkan dan menyelamatkan anak mereka.

Dia berkata,” Kami tahu seberapa lama perencanaan yang dibutuhkan sebelum masuk dalam tahapan operasi. Kami bersyukur berada di Rumah Sakit Anak ini sehingga mendapat akses ke ahli-ahli bedah dan dapat mewujudkan mimpi ini,” terangnya seperti dilangsir dari Dailymail, Senin (23/2/2015).

Dokter bedah anak, Darrel Cass mengatakan,” Operasi ini merupakan kali pertama pemisahan thoraco-omphalo-ischiopagus yang berhasil. Bukan berarti operasi ini tanpa tantangan karena bayi ini berbagi sejumlah organ,” jelas dia.

Persiapan operasi berlangsung selama satu bulan. Ahli radiologi juga berusaha menggambarkan penampakan nyata dengan membuat model 3 dimensi untuk organ- organ tubuh yang dimiliki bayi kembar ini. Berkat model tersebut, dokter mendapatkan gambaran organ yang lebih aktual.

Saat ini, kedua gadis cilik tersebut masih dirawat di bagian intensif anak. Diperkirakan keduanya pulih beberapa bulan ke depan. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui apakah kedua bayi itu akan menerima operasi di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya