SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketua Android Solo, Erwin Christanto (Dok/Solopos)

Ketua Android Solo, Erwin Christanto (Dok/Solopos)

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Pertanyaan:

logo androidEfendi Fajri<efendi_solo@yahoo.com>

Nama saya Fendi, saya newbie sama android nih. Kemaren saya beli Tablet Treq Turbo di Pameran Apkomindo,

Dari Spesifikasinya kayaknya udah bagus, udah dual core 1.6 Ghz sama Quad Core Mali 400, Tapi saya juga ga tau maksudnya apaan spek tersebut, tau saya cuma intel, amd, nvidia

Trus ni saya pengen install aplikasi atau game HD yang butuh data apk tambahan, katanya harus di root dulu juga biar bisa jadi SU

Saya asing sekali sama istilah2 di Android, HH juga apa juga ga tau

Yang mau saya tanyakan,

Gimana cara root Tablet Treq Turbo? spek kaya gitu apakah udah bagus? Trus kelebihan dan kekurangan root itu apa ya? Trus cara Install aplikasi n game hd yang butuh data apk gimana?

Terima Kasih Mas Erwin..

Jawaban:

Salam droid dan salam kenal mas Fendi,

Selamat telah mempunyai dan menggunakan android

Maksud dari spek tersebut adalah, android Anda mempunyai spesifikasi processor dual core 1,6GHz dan VGA Quad Core Mali 400. sedangkan untuk bisa jadi SU (superuser) memang harus diroot terlebih dahulu.

istilah HH adalah HandHeld. Sebelum Anda root, Anda harus tahu terlebih dahulu mengerti akan arti, maksud dan tujuan dari root itu sendiri. kelebihan root salah satunya, anda sudah mempunyai hak administrator penuh di android Anda, selain itu juga memungkinkan bisa menginstal aplikasi yang membutuhkan access root.

Kekurangannya mungkin bagi sebagian vendor mengatakan kalau android sudah diroot akan menghilangkan garansi. Sedangkan untuk root sendiri, Anda membutuhkan driver dan device manager untuk mengkoneksikan tablet ke PC serta sebuah aplikasi bernama SuperOneClick, untuk langkah-langkahnya sendiri hampir sama dengan cara root via PC, intinya harus terkoneksi dengan PC, lalu jalankan aplikasi SuperOneClick, lalu klik di tab/tombol root, maka HH pasti akan root.

cara instal aplikasi bisa langsung download dan instal via play store, sedangkan untuk game, bisa instal apknya dengan apk installer, lalu copy data gamenya ke folder android/game di tablet Anda via PC.

salam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya