SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Erwin Christanto

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Tanya :

Ronny Setiawan <mahony46.rs@gmail.com>

salam droid mas Erwin…

saya pengguna baru hp android, tp berhubung g pny duit jd beli hp cina s-nexian mi320. saya udah coba root pke z4root sama gingerbreak tp g bisa. mau coba pke superoneclick bingung, setelah hp dikonek ke komputer apa mode ‘ turn on usb mode’ diklik atau tdk? mohon bimbingannya cara dan aplikasi apa yang bisa untuk ngeroot hp saya.

terima kasih

Jawab :

salam droid juga mas Ronny….

coba root dengan cara sebagai berikut:

Caranya :
– aktifkan USB debungging di HH
– Install driver bawaan mi320 (CD bawaan HH) kalau belum ada bisa didownload di  http://www.2shared.com/file/rMxu-Wgp/Common_Handset_USB_Driver.html

– install unlockroot silahkan download di http://downloadcdn.betterinstaller.com/installers/9/9/UnlockRoot_downloader_by_UnlockRoot.exe (Butuh koneksi internet pada saat install)
– Buka aplikasi UnlockRoot
– Klik Tombol ROOT warna hijau, tunggu beberapa saat nanti mucul notifikasi pilih device
– Klik aja device yang mucul, nanti kalau sudah sukses root bakal ada notifikasi juga.

Semoga berhasil.

Tanya :

Ridwan Sobirin <semprotol@gmail.com>

Mas mau tanya, hp saya kok boros banget baterai ya, padahal dah minimalis aplikasi… apa kernel dan custom ROM yang dipakai pengaruh ?? kalau pengaruh, yang hemat baterai kernel dan ROm apa ya ?? soalnya yang stock lebih boros..

Samsung Galaxy Y GT-S5360

Makasih

Jawab :

Salam droid Mas Ridwan.

Udah coba dikalibrasi belum baterenya? pakai aplikasi batere calibration, supaya kondisi batere sesuai dengan indikator volume isinya? kalau masalah ROM dan Kernel, silahkan cari yang cocok dengan Anda, karena hal tersebut lebih subyektif sifatnya. coba-coba aja instal, pasti akan ada yang cocok dengan Anda.

Kalau stockrom lebih boros, karena memang cukup banyak aplikasi bawaannya yang ikut terinstal, solusinya adalah diuninstall aja aplikasi yang kira-kira tidak/belum dibutuhkan. (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya