SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Erwin Christanto (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

 

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

TANYA :

Salam mas erwin. Saya punya handphone merk samsung galaxy mini 2 dengan OS 2.3.6 Gingerbread. Saya mau tanya, terkadang setiap saya sehabis internetan menggunakan data paket. Setelah saya menonaktifkan data network yg ada di setting, handphone saya tiba-tiba sistem kerjanya menjadi lambat. Saya sudah meng-optimazed memori dan menghapus beberapa aplikasi, namun HP saya terkadang masih saja lambat. Cara cepat agar tidak lambat lagi saya men-turn off HP saya lalu menyalakan lagi dan sistem kerjanyapun berjalan baik kembali. Tapi saya khawatir akan dapat merusak HP dengan cara itu. Sudah beberapa kali HP saya mengalami kelambatan, hal itu mengganggu saya dalam menggunakan HP. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apakah perlu dibawa ke service? Karena saya baru menggunakan HP ini selama 9 bulan. Kartu garansi masih berlaku. Tolong bantu saya supaya HP tidak lemot/lambat lagi. Terima kasih.

Sharfina

JAWAB :

salam droid mbak Sharfina,

sistem kerja sebuah HP menjadi lambat sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi:

1. Terlalu banyaknya aplikasi yang dibuka serta dijalankan

2. Terlalu kecilnya memory internal untuk menyimpan aplikasi

3. Memory RAM yang kurang memadai untuk menunjang semua aplikasi yang ada.

untuk kasus Anda, coba download serta instal aplikasi DX Toolbox di playstore, setelah instal, coba jalankan ketika HP sudah terasa mulai lambat/lemot, di sana nanti masuk ke system optimizer, coba tekan Detect Now, dia akan mendeteksi seberapa banyak proses aplikasi yang memakan memory harus di clean, lalu tekan optimize sampai finish, harusnya setelah melakukan hal itu, HP akan kembali cepat proses kinerjanya.

Silahkan dicoba dulu.

salam

TANYA:

Jumadi <joema711@gmail.com>

Dear mas Erwin,

Mohon infonya dong mas, saya mau ngeroot hp saya, informasi yang saya dapatkan caranya tekan tombol 5(t)+power bersamaan untuk menampilkan Recovery Mode, tapi ko gabisa-bisa ya mas? hp saya samsung galaxy type GT-i5510. saya sudah mencoba berkali-kali masih tetap gabisa.

Terima kasih atas informasi dan kesediaan mas erwin untuk membantu saya.

Salam hormat

JAWAB :

Salam droid mas Jumadi,



setau saya juga pencet tombol itu, tombol T+Power.

tetapi kalau tetap tidak bisa, Anda bisa coba dengan masuk recovery mode using ADB dengan menyambung HH ke PC via kies dan aktifkan usb debugging enabled.

masuk ke folder tempat sdk android berada via command prompt, ketikkan adb device untuk ngecek apakah koneksi sudah tersambung atau belum, lalu ketikkan adb reboot recovery untuk masuk ke mode recovery.

silahkan dicoba dulu Mas? salam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya