SOLOPOS.COM - Is DAya HP. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Banyak mitos di tengah masyarakat tentang baterai HP. Misalnya mengisi daya atau charge HP akan lebih cepat penuh dengan mode pesawat. Tapi apakah benar mitos itu benar? Berikut penjelasannya.

Komponen baterai memainkan peran vital bagi sebuah HP atau ponsel. Namun, perlu diakui baterai HP kerap menjadi masalah setiap pengguna. Pasalnya, ketika tanpa daya, HP hanya sebuah kotak yang tidak memiliki fungsi apapun. Adapun berikut ini adalah mitos dan fakta terkait daya HP yang dirangkum Bisnis dari berbagai sumber:

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

 

1. Jika baterai sudah berada pada kondisi 100%, masih ada ruang untuk mengisi daya.

Diketahui, jika pengguna terus menerus mengisi daya hingga penuh, hal ini akan mengurangi masa pakai baterai secara keseluruhan. Pasalnya, pengisian daya berlebihan akan membuat adanya tekanan pada baterai.

 

2. Mengisi daya ponsel akan lebih cepat dengan mode pesawat.

Hal ini cukup benar, tetapi memang perbedaannya sangat kecil. Uji coba yang dilakukan CNET pada tahun 2014 menemukan bahwa mengaktifkan mode pesawat mempersingkat waktu pengisian daya hanya 4 menit. Hal ini dikarenakan HP melakukan pekerjaan yang memang lebih sedikit. Oleh karena itu, mengaktifkan WiFi dan Bluetooth di latar belakang juga menguras baterai.

 

3. Menggunakan pengisi daya tidak resmi akan merusak HP

Hal ini benar. Biasanya, pengisi daya memiliki kontrol yang dapat membatasi jumlah arus yang disalurkan dan menghentikan pengisian daya jika baterai sudah penuh.  Namun, tidak semua pengisi daya ponsel diciptakan sama. Jika terlalu banyak arus yang dialirkan ke baterai, hal ini dapat berdampak buruk pada masa pakai baterai.

 

4. Mematikan perangkat sesekali membantu menghemat masa pakai baterai

Saat ini baterai yang digunakan oleh HP adalah lithium-ion. Baterai ini mampu membaca daya walaupun perangkat dimatikan. Adapun tekanan yang masuk ke dalam ponsel juga akan sama sekalipun perangkat dimatikan. Oleh karena itu, tidak ada hubungannya antara mematikan perangkat dengan masa pakai baterai.

 

5. Membiarkan pengisi daya terpasang di dinding dan dihidupkan akan membuang-buang energi

Dengan pengisi daya telepon yang hanya memiliki kabel, mereka mungkin tidak menggunakan energi sama sekali jika tidak ada perangkat yang tersambung. Namun, ketika berbicara tentang kabel TV atau laptop yang memiliki baterai lebih besar, mungkin hal ini akan berlaku.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mitos dan Fakta Terkait Baterai Handphone yang Harus Kamu Pahami”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya