SOLOPOS.COM - Gambar Reconnaissance Orbiter tentang adanya air mengalir di Mars (Livescience.com)

Misteri Planet Mars semakin menarik untuk diungkap. NASA bahkan membeberkan bukti adanya air mengalir di planet tersebut.

Solopos.com, SOLO – Adanya air di planet Mars masih menjadi misteri. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) seakan ingin membeberkan keyakinan mereka akan adanya air di Planet Merah tersebut. NASA bahkan menyatakan punya bukti kuat.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Gambar foto adanya air di Mars yang masih menjadi misteri terungkap dalam Mars Reconnaissance Orbiter. Dalam foto tersebut memperlihatkan selokan-selokan panjang di dalam kawah dan lereng kemungkinan dibentuk oleh air asin yang mengalir di permukaannya hingga sekarang.

Studi tentang Mars yang terbaru ini dipaparkan oleh para ilmuwan NASA di sebuah konferensi pers di Washington, Senin 18September 2015 lalu.

“Mars bukan planet yang kering dan gersang seperti yang kita perkirakan di masa lalu. Di bawah kondisi-kondisi tertentu, cairan ditemukan di bawah Mars,” tutur Jim Green, Direktur Ilmu Planet NASA kepada kepada wartawan.

Dilansir Okezone.com, NASA juga menjelaskan bahwa beragam jenis garam diidentifikasi di selokan-selokan, yang bersama es yang mencair jadi bisa mengalir.

Keberadaan carian di Mars membuktikan bahwa planet tersebut masih aktif secara geologis dan sekaligus sedikit meningkatkan kemungkinan bahwa Mars menampung organisme kehidupan sederhana.

Ilmuwan selama ini memang menduga ada air yang mengalir di Mars namun masih tertanya-tanya bagaimana cairan bisa mengalir di permukaannya karena termperatur yang berada di bawah nol derajat Celcius.

Namun pengamatan selama 15 tahun belakangan atas selokan-selokan dan permukaan lapisan yang berubah sesuai dengan musim, meningkatkan dugaan cairan mengalir di Mars.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya