SOLOPOS.COM - Tangkapan layar sederet aplikasi penyedia kata ucapan malam minggu.

Solopos.com, SOLO – Membuat aplikasi, seperti dalam sistem operasi Android, kini menjadi hal biasa dan banyak yang bisa melakukannya. Bahkan, kata ucapan malam minggu pun banyak dibikin oleh pengembang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (13/11/2021) malam, sedikitnya ada delapan aplikasi yang tersedia mengambil segmen kata kunci “Malam Minggu” ditemukan di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi itu menawarkan kata-kata ucapan malam minggu dengan sederet gaya, mulai dari kata-kata lucu hingga kata-kata romantis.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Rupanya, aplikasi mengambil segmen pasar pemburu kata malam minggu cukup menggeliat. Aplikasi-aplikasi penyedia kata ucapan itu cukup ramai diunduh oleh pengguna ponsel Android.

Baca Juga: Motorola Disebut Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 898

Sebut saja aplikasi Ucapan Selamat Malam Minggu yang dikembangkan oleh Kata Kata Top Rating. Aplikasi yang dirilis September 2018 dan diperbarui pada November 2019 ini sudah diunduh lebih seribu kali.

Juga aplikasi Kata Kata Malam Minggu Galau yang dikembangkan oleh 1000 Kata Cinta Nan Romantis. Aplikasi yang diunduh lebih dari seribu kali ini dirilis Juli 201 dan diperbarui pada Desember 2019.

Setelah mengambil segmen khusus malam minggu, masih ada pula pengembang yang mengambil kesempatan dengan segmen yang lebih rinci. Seperti aplikasi Kata Kata Malam Minggu Lucu Ngaco Gokil Teranyar. Aplikasi yang dirilis pada Mei 2018 ini sudah diunduh lebih dari 100 kali.

Baca Juga: Google Angkat Kisah Sukses Jam Tangan Kayu Produk Bandung

Beberapa aplikasi tadi menunjukkan semakin terbukanya kesempatan membangun aplikasi. Android pun telah memfasilitasi pengembang yang ingin membuat aplikasi melalui layanan Android Studio.

Berikut cara membuat aplikasi di Android Studio sebagaimana dilansir Liputan6.com:

  1. Download JDK (Java Development Kit). Ini adalah salah satu software development environment yang berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java.
  2. Install JDK dengan cara klik 2 kali intstallernya dan klik next
  3. Download Andoid Studio
  4. Install Android Studio. Buka Android Studio. Saat kamu membukanya akan muncul kotak dialog untuk konfigurasi awal Android Studio-mu. Klik do not import settings jika ini pertama kalinya kamu install android studio-Klik next.
  5. Install Android SDK (Software Development Kit)
  6. Selesai.

Setelah itu, pengembang bisa melanjutkan dengan tahap-tahap berikut:

1. Create new project

  • Buka android studio dan pilih start a new android studio project
  • Isikan nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studionya.
  • Pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu
  • Pilih empty activity
  • Beri nama activity yang akan dibuat lalu klik Finish

2. Tampilan Environment Android Studio

Kamu cukup focus pada main activity dan activity_main.xml

3. Melihat Tampilan Android

Buka file activity_main.xml

4. Jalankan aplikasi android

  • Klik tombol play berwarna hijau
  • Pilih dimana kamu akan menjalankan aplikasi androidnya
  • Untuk yang punya smartphone android, pergi ke developer options di menu settings android-nya ? Lalu aktifkan opsi USB Debugging ? Tancapkan smartphone ke komputermu via kabel USB ? Jika muncul peringatan di android mengenai perizinan USB Debugging, klik saja ALLOW ? Install driver smartphone android di komputermu ? (Kembali ke Android Studio) ? Maka device android-mu akan muncul di dialog tadi di bagian Connected Devices. Klik device android-mu lalu klik OK, tunggu hingga proses compiling selesai dan aplikasi android-mu akan berjalan di smartphone-mu.

5. Selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya