SOLOPOS.COM - Robot buatan SK Telecom ini bakal dikembangkan dengan fasilitas 5G (JIBI/Detik)

MWC 2015 kedatangan teknologi fantastis 5G dan pembuatan robot serupa Jaeger di film Pacific RIM.

Solopos.com, BARCELONA — Beragam teknologi masa depan diperkenalkan para pengembang di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol. Salah satunya robot raksasa yang diproduksi SK Telecom.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Robot raksasa ini kabarnya akan memanfaatkan teknologi 5G yang disiapkan untuk meluncur di tahun 2020. Sejumlah media menyebut robot ini mirip dengan robot-robot di film fiksi Pacific RIM.

Dilansir Detik, Selasa (3/3/2015), demo akses 5G yang dilakukan SK Telecom bisa mencapai kecepatan 7550 Mbps atau tembus 7,5 Gbps!

Alhasil kecepatan transfer data ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang jauh lebih rumit, salah satunya untuk mengendalikan robot. Memang, robot yang dikendalikan tak sebesar Jaeger di film Pacific RIM. Paling sekitar 150 cm tingginya. Namun ia mampu bergerak sesuai apa yang dilakukan penggunanya.

Dalam demo yang ditampilkan, seorang wanita yang menggunakan peralatan lengkap dari kaki sampai kepalanya berdiri tepat di sebelah robot. Ia kemudian mengangkat tangannya yang langsung diikuti oleh si robot.

Si wanita kemudian melakukan gerakan yang lebih rumit seperti mengangkat kaki dan bergoyang-goyang layaknya orang berjoget. Robot berbentuk humanoid itu juga dapat mengikutinya dengan serupa.

Jika melihat hal ini, sepertinya kisah di film Pacific RIM dimana manusia mampu mengendalikan robot raksasa tak lagi sebatas mimpi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya