SOLOPOS.COM - Robot humanoid Tesla, Optimus. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Elon Musk memperkenalkan robot humanoid Tesla yang bisa melakukan pekerjaan manusia. Robot bernama Optimus ini dibanderol dengan harga USD20.000 atau Rp308 juta.

Optimus dipamerkan kali pertama dalam acara Tesla AI Day pada Oktober 2022 lalu. Pada kali ini Optimus terlihat sedang melakukan tugas sederhana dalam postingan video di X milik Elon Musk.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Berdasarkan postingan video Elon Musk di laman X menjelaskan Optimus mampu mengkalibrasi sendiri lengan dan kakinya.

“Hanya dengan menggunakan encoder penglihatan dan posisi sendi, robot dapat menemukan posisi yang tepat dari anggota tubuhnya di luar angkasa,” jelas Elon Musk di postingannya.

Dia juga menjelaskan, Optimus dikalibrasi secara tepat untuk mempelajari berbagai tugas dengan lebih efektif. Jaringan sarafnya beroperasi sepenuhnya, hanya menggunakan penglihatan.

Dalam video yang dibagikan Elon Musk, Optimus terlihat menyusun balok-balok berwarna biru dan hijau ke dalam nampan yang identik. Sekalipun manusia memindahkan balok tersebut, robot tetap dapat menyelesaikan tugasnya dengan sukses.

Di akhir video, robot melakukan gerakan Yoga yang berbeda. Seperti dikutip dari economictimes.indiatimes, pada Senin (25/09/2023), robot ini memiliki perangkat lunak dan sensor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang mirip dengan sistem bantuan pengemudi canggih milik Tesla yang disebut Autopilot dan dibanderol dengan harga sekitar US$20.000 atau setara Rp308 juta.

Robot ini dirancang untuk diproduksi massal dalam jumlah jutaan unit. Elon Musk mengatakan robot ini mungkin dibandrol dengan harga di bawah USD20.000.

Berdasarkan laporan The Verge yang dikutip Bisnis, robot tersebut memiliki baterai berkapasitas 2,3 kilowatt per jam, cocok untuk seharian bekerja  penuh, berjalan dengan chip Tesla, serta memiliki konektivitas WIFi dan LTE.

Dia juga menambahkan bahwa robot tersebut akan mampu membawa tas seberat 20 pon dengan peralatan dan akan memiliki pegangan yang presisi untuk robot kecil. Bahkan, robot itu juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel, dukungan audio, dan fitur keamanan tingkat perangkat keras.

Sebagai informasi, dikutip dari odishatv, tangan mirip manusia tersebut merupakan Desain Terinspirasi Secara Biologis yang akan memberikan robot kemampuan untuk mengambil objek dengan berbagai bentuk dan ukuran di pabrik dan fasilitas lainnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Elon Musk Perkenalkan Optimus, Robot Humanoid Seharga Rp308 Juta”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya