SOLOPOS.COM - Pangsa Pasar Android Marshmallow (Venturebeat)

OS Android Marshmallow telah digunakan sebanyak 15,2% perangkat.

Solopos.com, SOLO — Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, memberikan laporan pangsa pasar operating system (OS) Android. Android 6.0 Marshmallow kini telah digunakan 15,2% perangkat di seluruh dunia.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Sebagaimana dikutip dari Venturebeat, Kamis (4/8/2016), laporan itu didapat Google dari pengunjung d Play Store selama sepekan. Pengguna OS Android Marshmallow meningkat 14% dari 13,3% yang menggunakan sistem operasi tersebut bulan lalu.

Pengguna OS Android 5.0 Lollipop masih mendominasi dengan pencapaian 35,5%. Sementara Android Lollipop digunakan sebanyak 35,1%. Setelah itu di posisi ketiga ada Android 4.4 KitKat dengan 29,2%, diikuti Android 4.1-4.3 Jelly Bean dengan 16,7%, Android 2.33-2.37 Gingerbread 1,7% dan Android 4.0.3-4.0.4 Ice Cream Sandwich sebesar 1,6%.

OS Android 2.2 Froyo masih digunakan oleh 1% perangkat Android. Meski masih kalah, dalam beberapa tahun ke depan, OS Android Marshmallow diprediksi melampui Kitkat dan Lollipop. Hal itu karena Android Marshmallow memiliki fitur baru yang lebih baik dibanding generasi Lollipop.

Di bagian pengaturan, penggunan bisa menggunakan fitur Android security patch level untuk memperkuat keamanan ponsel. Fitur Android security patch level bisa berfungsi dengan baik apabila perusahaan pembuat smartphone juga ikut mendukung, Namun, fitur tersebut sepertiya tak bisa digunakan di dua Nexus terbaru.

OS terbaru Android Marshmallow dibekali dengan fitur akses cepat ke menu dengan menggunakan suara. Untuk menggunakan fitur itu, sentuh layar smartphone dari bawah ke arah kiri atas. Anda bisa mencobanya saat sudah terbiasa.

OS terbaru Android Marshmallow memang dibekali fitur unik sehingga membuat baterai smartphone atau tablet yang menggunakannya tidak cepat habis. OS Android 6.0 Marshmallow juga sangat dinamis dan fleksibel karena bisa mengatur penempatan aplikasi sesuai dengan kehendak pengguna.

Hal itu karena Android terbaru itu mampu menghentikan proses aplikasi saat pengguna tidak memerlukannya. Saat menggunaan OS terbaru Marshmallow, baterai smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 akan lebih hemat 30% dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya