SOLOPOS.COM - 3D Touch Android (9to5google)

OS terbaru Android N memiliki lima fitur baru yang tidak ada di IOS.

Solopos.com, SOLO — Raksasa Internet Amerika Serikat, Google, telah memperkenalkan OS terbaru Android N sebagai seri selanjutnya dari sistem operasi mereka.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Sebagaimana dilaporkan BGR, Jumat (20/5/2016), meski nama yang akan digunakan belum diputuskan, namun beberapa detail mengenai fitur-fitur yang akan dibawa OS terbaru Android N telah terungkap.

Pembaruan yang dimiliki OS terbaru Android N akan memiliki perbedaan yang tidak ada pada sistem operasi lainnya yakni IOS. Artinya, fitur-fitur yang terdapat pada Android N nanti tidak akan dimiliki oleh perangkat Iphone dan Ipad.

Beberapa fitur ekslusif Android N tersebut ialah multitasking, aplikasi instan, penghematan daya, sistem pembaruan pada background, dan virtual reality. Berikut ini penjelasan lima fitur OS terbaru Android N yang tidak ada di IOS:

-Multitasking

Saat ini keberadaan smartphone berlayar besar sudah menjadi hal yang cukup biasa, sehingga tidak ada alasan untuk membatasi fitur multi-window pada perangkat berlayar besar.

Fitur tersebut sebenarnya telah tersematkan pada perangkat Galaxy milik Samsung dan banyak pengguna yang menyukainya. Begitu halnya dengan OS terbaru Android N, pengguna akan memungkinkan dapat membuka halaman Internet dan menjalankan aplikasi lainnya pada jendela berikutnya. Misalnya menerima email saat sedang menonton Youtube, dan melakukan percakapan Whatsapp tanpa harus menutup aplikasi Facebook.

-Aplikasi Instan

Dengan fitur aplikasi instan, pengguna OS terbaru Android N akan mampu menguji coba aplikasi secara langsung tanpa harus mengunduh atau membayarnya lebih dahulu.

-Penghematan Daya

OS terbaru Android N dikabarkan akan memiliki manajemen konsumsi daya yang lebih hemat dibandingkan dengan Iphone. Hal itu berkat fitur bernama Doze yang memiliki peningkatan pada kinerjanya. Doze sendiri telah hadir pada Android Marshmallow tahun lalu, namun kini fitur tersebut dihadirkan kembali dan memiliki kemampuan yang lebih.

-Sistem Pembaruan Pada Background

Pada saat memperbarui sistem, umumnya smartphone tidak dapat digunakan sekitar lima hingga 15 menit. Pada OS terbaru Android N, kali ini pengguna masih bisa memainkan smartphone mereka meski pembaruan sistem sedang berjalan.

Hal itu karena saat memperbarui, sistem akan berjalan di latar belakang tanpa menggangu sistem lama yang sedang diperbarui. Setelah proses selesai maka secara otomatis perangkat akan melakukan reboot dan menjalankan sistem terbaru yang telah diperbarui.

-Virtual Reality

Disaat IOS masih bermimpi tentang virtual reality, pengguna Android kini telah akan merasakan pengalaman dalam dunia virtual reality. Berkat adanya aplikasi Daydream di OS Android N, Google menawarkan kontrol pengguna untuk pengalaman virtual reality. Google Daydream adalah platform perangkat lunak dan referensi perangkat keras untuk headset dan pengendali.

Aplikasi tersebut memberikan para pengembang dan vendor alat yang mereka butuhkan untuk meanfaatkan teknologi virtual reality dengan menggunakan OS terbaru Android N.

Demikian beberapa fitur yang akan diusung Google pada Andrid N nanti. Saat ini masih belum diketahui kapan sistem operasi tersebtu akan resmi dirilis. Namun sebelum itu, kita patut menunnggu pemilihan nama yang akan diberikan kepadanya nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya