SOLOPOS.COM - Yun OS (eng.hi138.com)

OS terbaru Yun OS bisa jadi menjadi ancaman bagi IOS dan Android.

Solopos.com, SOLO – Perusahaan e-commerce asal Tiongkok Alibaba mengatakan sistem operasi miliknya Yunos digunakan 70 juta pengguna.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Pada Mei lalu Yun OS bahkan diklaim telah menyalip IOS dalam pengiriman smartphone di Tiongkok pada kuartal pertama.

Wu Yupeng pada gelaran Mobile World Congress di Shanghai, Tiongkok pada Rabu (29/6/2016), mengatakan sistem operasi Yun OS tumbuh 700 persen pada 2015 dan menjadi sistem operasi terbanyak ketiga setelah Android dan IOS.

Selama kuartal pertama di 2016, pangsa Yun OS untuk pengiriman smartphone di Tiongkok mencapai lebih dari 16 persen, dan sisanya ditempati oleh IOS, tutur Wu sebagaimana dilansir Okezone dari GB Times, Jumat (1/7/2016).

Pada Januari dan Maret 2016, terdapat 17 juta smartphone yang dikirimkan telah menjalankan sistem operasi Yun OS termasuk dari perangkat domestik termasuk Meizu dan Duowei. Wu sendiri mengatakan Alibaba akan berusaha menambah jumlah penggunanya menjadi 100 juta pada akhir tahun ini.

Alibaba telah mengembangkan Yun OS berdasarkan pada Android Open Source Project yang kali pertama dirilis pada 2011. Untuk mengembangkan penggunaan dari sitem operasinya, Alibaba telah menginvestasikan US$590 juta atau Rp7,7 trilun dengan mengakuisisi vendor asal Negeri Tirai Bambu Meizu.

Yun OS juga menginvansi ke berbagai perangkat lainnya mulai dari televisi, jam tangan pintar, AC, robot otomatisasi rumah, dan dengan koneksi Internet. Alibaba juga akan segera merilis mobil pintar (smart car) bulan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya