SOLOPOS.COM - Ilustrasi Android N. (Istimewa)

OS terbaru Android N menampakkan perubahan signifikan dari versi Android sebelumnya

Solopos.com, SOLO — OS terbaru buatan Google, Android N, telah diluncurkan kepada pengembang. Berbagai kelebihan baru ditawarkan pada sistem operasi anyar buatam Google itu.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Sebagaimana dikutip dari TheVerge, Kamis (10/3/2016), pihak Google baru saja selesai melakukan pembaruan dan pengembangan OS terbaru Android yang di-install di smartphone Nexus P.

OS terbaru Android besutan Google kali ini menawarkan kecepatan operasi yang kencang dan tampilan terbaru. Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur Split-Screen.

Google juga belum memberikan nama N pada OS terbaru-nya. Rencananya google akan menggunakan polling online untuk memberi nama OS terbaru Android N miliknya. Namun, walau nama belum diberikan, sepertinya Android N akan tetap memakai nama makanan

Google dengan bangga memperkenalkan fitur terbaru miliknya, yaitu Split-Screen yang dapat membuat smartphone menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur bawaan OS terbaru Android N terbilang sangat menarik dan benar-benar baru.

Nantinya pengguna bisa menggunakan fitur Split Screen itu dengan menekan tombol multitasking yang berada tepat di samping kanan tombol home. Lalu pengguna harus membuka aplikasi yang akan dijalankan, setelah itu sentuh aplikasi tersebut beberapa detik lalu letakkan di bagian atas layar.

Setelah melakukan langkah itu, pengguna bisa melakukan multitasking dengan membagi layar smartphone menjadi dua. Fitur Split-Screen hanya berlaku untuk aplikasi yang tidak selalu menggunakan layar secara penuh seperti game.

“Memang kami menemukan banyak kekurangan dari OS terbaru Android N, karena masih kami kembangkan. Namun secara keseluruhan, Android N jauh lebih keren dan solid dari yang orang-orang bayangkan pada pengenalan pertama,” ujar salah satu pihak Google.

OS terbaru Android N juga menawarkan fitur Quick Setting. Quick Setting berisi beberapa ikon pengaturan yang akan sering digunakan pengguna. Nantinya pengguna hanya perlu menurunkan halaman pemberitahuan yang terletak di bagian atas layar dan pengguna akan melihat beberapa ikon pada bagian gelap di atas halaman pemberitahuan. Ikon-ikon itu bisa pengguna ubah dengan ikon pengaturan lain sesuai kebutuhan.

Selain itu, tampilan pengaturan juga mengalami perubahan. Setiap kolom pengaturan memiliki penjelasan yang lebih detail, dan pada bagian atas ada kolom tersendiri dengan judul suggestion yang berisi beberapa pengaturan yang disarankan smartphone.

Kelebihan yang dimiliki OS  terbaru Android N memiliki kecepatan animasi yang jauh lebih cepat dari Android Marshmallow. Pihak Google akan terus mengembangkan OS Andrid N.

Mereka akan menjelaskan dan mengenalkan lebih detail tentang OS terbaru Android N pada acara Google IO, 18-20 Mei 2016 mendatang. https://www.youtube.com/watch?v=ufzghLhpcTU. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya