SOLOPOS.COM - Pameran Teknologi di Museum Nasional (Liputan6.com)

Pameran teknologi Indonesia-Jerman digelar di Museum Nasional, Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Hasil riset sains dan teknologi kerja sama Indonesia-Jerman dipamerkan di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Pameran teknologi ini kali pertama digelar di Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Senin (5/10/2015), pameran teknologi bertema Fostering Ideas atau mendorong ide-Ide itu meliputi stan-stan yang antara lain menceritakan proyek kerja sama Indonesia-Jerman dalam penerapan teknologi untuk membawa air bawah tanah di Goa Bribin, Seropan, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ke rumah-rumah penduduk.

Selain itu ada stan yang menyajikan informasi tentang keberhasilan lembaga riset Jerman seperti Pusat Riset Geo Potsdam, Pusat Riset Keanekaragaman Hayati Leibniz, dan anggota Asosiasi Helmholtz.

“Kerja sama Jerman-Indonesia dalam hal sains dan teknologi sudah dimulai sejak tahun 1960-an, awalnya riset berkisar soal industri yang fokusnya nuklir dan penerbangan. Tapi kini sudah berubah,” kata Penasihat Sains dan Teknologi di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Michael Rottman.

Pameran teknologi itu untuk kali pertama digelar Goethe-Institut Indonesien bersama Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dan EKONID dalam rangkaian Jerman Fest. Pameran serupa selanjutnya akan digelar di Surabaya dan Yogyakarta.

Selain pameran teknologi, juga akan ada lokakarya mengenai kerja sama Indonesia-Jerman di bidang sains dan teknologi, Rabu (7/10/2015) dan seminar bagi pelajar yang ingin menempuh studi atau penelitian di Jerman yang digelar Pelayanan Pertukaran Akademis Jerman, Sabtu (10/10/2015) di auditorium Museum Nasional.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin, lewat pameran teknologi tersebut juga diperlihatkan beberapa kerja sama ilmiah antara Jerman dan Indonesia yang sudah dilakukan termasuk dalam bidang bioteknologi kesehatan, biodiversitas hayati, ilmu kelautan dan beberapa bidang lain.

Menurut Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi, M.Nasir, dalam pameran teknologi Indonesia-Jerman, diperlihatkan beberapa perusahaan Jerman yang berada di Indonesia. “Melalui pameran ini Indonesia diharapkan bisa belajar banyak dalam dari Jerman serta melakukan kolaborasi dalam hal inovasi,” ungkap M. Nashir.

Meski pameran itu baru kali pertama digelar, namun diharapkan dapat berlanjut dan diadakan di kota-kota lain di Indonesia. Pameran sains dan teknologi Indonesia-Jerman di Museum Nasional digelar 5 Otober 2015-15 Oktober 2015 mulai pukul 08.30 WIB-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya