SOLOPOS.COM - Amazon Web Services (AWS) (Wiseitukraine)

Solopos.com, JAKARTA-Menyaingi Microsoft dan Google dalam bidang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Amazon melalui divisi komputasi awan Amazon Web Services (AWS) mengenalkan teknoloi serupa yang mereka namai,Bedrock.

Menurut laporan Reuters, layanan Bedrock memungkinkan pelanggan membangun aplikasi AI generatif yang sesuai dengan kebutuhan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Layanan serupa sebelumnya ditawarkan oleh pembuat ChatGPT, OpenAI. Dengan layanan Bedrock, pelanggan akan bekerja dengan model AI milik Amazon sendiri yakni

Amazon Titan. Mereka juga menawarkan menu model yang ditawarkan oleh pihak ketiga seperti startup AI21 Labs, Anthropic, dan Stability AI.

Layanan Bedrock juga memungkinkan pelanggan AWS menguji coba teknologi tersebut tanpa harus berurusan dengan server pusat data dasar yang menjalankannya.

“Ini kompleksitas yang tidak dibutuhkan dari sudut pandang pengguna. Di balik layar, kita bisa mengabstraksinya,” kata Wakil Direktur AI Generatif AWS Vasi Philomin.

Server-server yang mendasari layanan itu akan menggunakan campuran chip AI kustom Amazon sendiri serta chip dari Nvidia.

Sebelumnya SenseTime Group Inc. juga memamerkan kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) milik mereka, SenseChat, sebagai pesaing ChatGPT milik OpenAI.

SenseTime sendiri diketahui dikembangkan dengan akses perusahaan ke kumpulan data yang sangat besar dan kekuatan komputasi yang dalam.

Melansir dari Bloomberg pada Senin (10/4/2023), Kepala Eksekutif Xu Li memamerkan bagaimana SenseChat dapat bercerita tentang seekor kucing yang menangkap ikan, dengan beberapa putaran pertanyaan dan tanggapan.

Xu selanjutnya mendemonstrasikan bagaimana bot dapat membantu menulis kode komputer, menjawab pertanyaan tingkat awam dalam bahasa Inggris atau Mandarin dan kemudian menerjemahkannya menjadi produk yang bisa diterapkan.

Apa Itu SenseTime? SenseTime didirikan oleh alumni Massachusetts Institute of Technology, yakni Tang Xiao’ou. SenseTime merupakan salah satu debut yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya